SUPLEMEN CREATINE

Ada yang mengatakan fungsi creatine adalah untuk tenaga dan daya tahan, namun ada juga yang mengatakan bahwa fungsi creatine adalah pengeringan otot. Sebenarnya apakah fungsi creatine itu?


Creatine hubungannya ke volumizing cell, pembesaran sel (tentunya sel otot). Creatine akan berefek optimal kalau diimbangi dengan konsumsi karbohidrat tinggi. Sementara konsumsi karbohidrat tinggi bertentangan dengan konsep pengeringan otot. Itulah sebabnya banyak yang bilang pada fase cutting (pengeringan otot), jangan mengonsumsi creatine karena percuma saja. Jika melihat konsep kerja creatine, pernyataan itu betul. Tapi jangan lupa, creatine diproduksi juga oleh ginjal. Jadi hati-hati mengonsumsinya, jangan lupa minum banyak air, karena kalau tidak bisa terbentuk kristal di dalam ginjal.

Apakah efek negatif dari mengonsumsi creatine secara rutin? Seberapa dosis standar pemakaian/pengonsumsian amino dalam sehari?


Jawaban 1:

Creatine berlebihan, akan kurang bermanfaat kalau kurang berolahraga. Seperti tipe protein lain, creatine sintesis (monohydrate) sebaiknya diimbangi dengan minum air putih yang banyak. Creatine ditemukan dalam daging dalam jumlah sedikit. Seperti tipe ‘protein’ lain, pengonsumsian air putih diharapkan agar kerja ginjal tidak terlalu berat. Terutama ketika tidak berolahraga.



Ada periode pemakaian dari Creatine, 1 minggu loading dan 4 minggu maintaining. Dan 2 minggu berikutnya rest. Kemudian dimulai siklus loading lagi, begitu seterusnya. Takaran disesuaikan dengan manual di boxnya.

Creatine sintesis masih dikatagorikan “sangat aman dikonsumsi” oleh atlit maupun umum. Cuma memang harganya lumayan mahal.

Untuk standard amino, seperti kebutuhan protein untuk binaraga 2 gram/hari per kg berat badan. Whey protein, BCAA biasa disebut amino juga. Mungkin yang biasa disebut amino adalah BCAA ini.

Jawaban 2: Efek negatif dari creatine tidak ada, kecuali Anda minum 30 gram creatine sehari (6 sendok teh) dengan minum air putih hanya sejumlah 1 gelas, tentu saja tidak sehat bagi ginjal. Creatine itu berasal dari sumber alami, daging-dagingan juga mengandung creatine, jadi jangan jadikan suplemen itu setara dengan OBAT, kalau orang sehat minum obat itu tidak boleh, karena pasti ada efek samping, tapi orang sehat minum suplemen boleh dan malah akan membantu performa secara keseluruhan.
Amino itu unsur pembentuk protein, daging ayam ada proteinnya, pasti ada aminonya, jadi seberapa banyak boleh makan ayam dalam sehari? Berapa saja boleh, tidak ada batasan, sesuaikan kebutuhan saja, misalnya Amino 2002, kadar amino per tabletnya 2000 mg per butir, itu artinya mengandung protein siap serap sebanyak 2 gram per butir, kalau memang lagi membutuhkan protein tambahan untuk pembentukan otot, minum sehari 10 pun tidak masalah, 50 gram protein (setara dengan 200 gram daging ayam). Yang penting sesuaikan kebutuhan saja. Amino adalah protein siap serap, bagus untuk menjadi bahan baku pertumbuhan otot, mungkin jika Anda perlu patokan standarnya, 3 kali sehari 3 tablet sesuai petunjuk di kemasan, 3 tablet di pagi hari sebelum sarapan (untuk langsung memberi otot bahan baku), 3 tablet sebelum latihan (untuk memberikan gizi dan mencegah pembakaran otot menjadi energi saat latihan), dan 3 tablet langsung sesudah latihan (untuk memberikan gizi bagi otot untuk pemulihan dan pembangunan sel otot baru).

Bagaimana jika memakai creatine, tapi latihannya tidak terlalu intens, sehari latihan sehari istirahat?
Pakai creatine juga baik karena akan meningkatkan power saat berlatih. Perhatikan baik-baik saran pemakaian yang ada pada botolnya untuk memperoleh hasil maksimal. Latihan 3 kali seminggu sudah cukup. Tinggal bagaimana mengatur nutrisi (pola makan dan diet), program latihan dan istirahat (otot berkembang di luar gym).

Tapi kalau mau meningkatkan power bukan makan creatine, karena tiap mol creatine hanya menyediakan 2 mol ATP (kira-kira 292 kkal). Nah bandingkan dengan kalau Anda makan nasi banyak-banyak biar glukosa darah Anda naik. Karena tiap mol glukosa menghasilkan 8 mol ATP (dari proses pemecahan glikogen menjadi glukosa)

Kalau Anda mau memakai amino dan creatine, pemakaiannya boleh diatur sebagai berikut:
Creatine dan amino sebelum latihan. Sesudah latihan (sesegera mungkin) minum amino (+ susu protein). Perhatikan kebutuhan simple carbobhydrat tubuh Anda. Pedomannya 1 gr untuk setiap BB hanya pada masa post work-out. Tambahkan juga anti-oksidan (vitamin C dan E ) untuk mengantisipasi radikal bebas yang banyak dilepas tubuh saat berlatih.

Creatine tujuannya untuk meningkatkan power latihan dan amino adalah protein yang sangat dibutuhkan untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak (a.l otot). Perhatikan petunjuk penggunaan creatine yang tertera pada botolnya. Jangan digunakan terus-menerus tetapi harus direcycle.



Apa yang dimaksud atlet binaraga natural. Apa yang selama pembentukan tubuhnya tidak menggunakan segala macam suplemen? Apa saja yang termasuk di dalam kategori steroid? Apakah creatine termasuk di dalamnya?

Atlet binaraga natural adalah seorang atlet yang mengandalkan 3 aspek kedisiplinan yaitu istirahat, latihan dan pola makan. Binaraga natural bukannya tidak memakai suplemen, melainkan tidak memakai steroid maupun drugs-drugs ilegal lainnya. Jadi ada suplemen atau nutrisi yang tidak boleh dilupakan. Dari suplementasi ini orang-orang biasanya salah mengartikan suplemen/nutrisi itu sebagai suatu obat-obatan perangsang (anabolic steroid). Padahal suplemen itu memang sangat berbeda dengan yang kita kenal. Kalau steroid itu tidak ada hubungannya dengan suplemen-suplemen yang beredar dipasaran. Dasar dari suplemen itu adalah sumber-sumber makanan tambahan dalam bentuk instan, memiliki nilai lebih dari segi protein (pembangun otot), dll yang diperlukan tubuh. Sedangkan untuk steroid merupakan bahan-bahan kimia (drug), yang memang dengan mengonsumsi steroid (baik itu disuntikkan atau dimakan) pertumbuhan otot jauh lebih cepat bahkan super cepat tapi sangat banyak pula efek sampingnya yaitu gagal ginjal, kanker darah, dll.

Creatine, amino, whey, dll itu adalah suplemen natural. Creatine sendiri bukanlah steroid, namun memiliki sifat anabolic. Sampai saat ini creatine masih dianggap bukan drugs oleh berbagai federasi binaraga karena juga terdapat dalam daging merah, walaupun keberadannya dalam jumlah banyak cukup mengundang kontroversi sesama dokter spesialis gizi dan makanan. Drugs yang sering dipakai utk mempercepat pertumbuhan sel otot adalah GH, EPO, kokain, kadeine, dan anabolic steroid.

Yang masih belum jelas adalah dari dua kategori yang dilombakan, baik itu natural maupun yang profesional (Mr. Universe), apakah keduanya diakui oleh satu Federasi binaraga, atau memang beda federasi, sehingga walau membahayakan jiwa, tapi pemakaian drugs untuk mencapai hasil maksimal dengan target Juara Mr. olympia masih disahkan, apakah setiap kontes Mr. Olympia setiap peserta tidak melewati tes urine? Pernah Milos Sarcev binaraga profesional masuk UGD karena mau menyuntik drug untuk memperbesar tangan akhirnya meleset ke pembuluh darah dan dia koma, walau selamat tapi dia harus kehilangan 25 kg bobot nya. Sampai sekarang cukup banyak atlet-atlet binaraga yang memakai drugs seperti kokain dan zat-zat anabolic steroid lainnya.

Contohnya, ada pertanyaan:
Saya baru ke Gym lagi, tapi sempat berhenti 2 tahun dan sekarang sudah berjalan 1 bulan. Dalam 1 bulan ini saya mengonsumsi whey protein dan hydroxycut untuk fat loss. Lumayan, dalam 1 bulan dari 72 turun 69 kg, cuma perut saya tidak mengecil. Lalu rencana saya mau mengonsumsi creatine untuk memperbesar massa otot. Apa boleh? jika tidak, creatine apa yang merknya bagus dan bagaimana cara mengonsumsinya?

Mengonsumsi hydroxycut tujuannya untuk membakar lemak yang ada dalam tubuh. Namun untuk mengurangi lemak dalam tubuh terutama yang ada pada perut, tidak cukup dengan hydroxycut tapi harus diimbangi dengan cardio dan pola makan bersih. Artinya menghindari makanan berlemak, manis, asin dan nasi.

Anda bisa melakukan diet tanpa makan nasi, gorengan, manis dan asin selama 3 bulan penuh. Dibantu dengan hydroxycut dan cardio setiap hari selama 1 jam ( sepeda statis, treadmill dan renang), mungkin berat dan perut akan susut.

Jika telah masuk masa pembentukan, lakukan latihan beban dengan tetap minum seperti hydroxycut bahkan Thermonex (lemak yang dibakar dirubah jadi tenaga) ditambah suplemen Amino (mempercepat recovery), Glutamine (mengembangkan otot) dan Whey Protein (memperbaharui otot yang rusak). Tidak disarankan mengonsumsi Creatine yang bisa menambah power. Sebab Creatine efeknya maksimal, kalau diminum dengan minuman manis dan makan karbohidrat, akibatnya badan sulit kering alias berlemak.






creatine

Komentar

  1. mas sigit, saya eko.
    umur 43 tahun, berat 60, tinggi 162. saya baru memulai fitnes kira2 2 bulan ini. untuk yg se umuran saya ini, gerakan2 apa saja yg seharusnya agar badan saya bisa bagus, dan suplemen yg cocok untuk se umuran saya ini apa, terimakasih infonya. saya sangat mengharapkan bantuannya

    BalasHapus
  2. salam kenal mas eko.
    untuk umuran Anda masih tergolong jiwa semangat muda. masih powerful jadi tiada bedanya melakukan pola latihan beban layaknya kawula muda. yang terpenting tetap semangat. asalkan tiada gangguan kesehatan dan pantangan dari dokter yang bertentangan dengan latihan beban. bagi pemula dimulai dari beban ringan terlebih dulu, dengan repetisi yang banyak. agar otot-otot dapat menyesuaikan terlebih dulu. tiga sampai enam bulan sementara tidak usah konsumsi suplemen dulu agar sistem metabolisme tubuh secara alami memproduksi hormon yang terkait. untuk selanjutnya Anda dapat mengkonsumsi suplemen whey proten, amino, creatin. kalau bisa glutamin juga agar setelah latihan beban kerukana sel otot dapat diperbaiki/menghilangkan nyeri dan capek.
    terus semangat.. pantang menyerah. kabari saya lagi setelah berhasil ya mas.. good luck.

    BalasHapus
  3. Kasus saya sama ... Ingin cut bagian perut. Umur udah 36. Bolehkah saya ikutin sarannya "Anda bisa melakukan diet tanpa makan nasi, gorengan ..." karena selama 3 bulan diet (tidak ketat) dan olahraga, saya kehilangan sedikit lemak perut. Saya 36 tahun, 169 cm dan berat 68 kg, fat meter saya 18%. Mohon pencerahannya. Oh ya lingkar perut saya masih sekitar 82 cm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bagus itu mas.
      agar lebih kencang lagi perbanyak latihan cardio dan tetap atur pola makan perbanyak makanan berserat tinggi

      Hapus
    2. Cardio 1 jam itu boleh di-split ga? 30 menit pagi, kemudian 30 menit setelah latihan beban ... atau harus langsung 1 jam gitu?

      Hapus
    3. sebaiknya latihan cardio difungsikan sebagai pemanasan.
      bila dilakukan setelah angkat beban dikhawatirkan otot menyusut
      misal cardio lari 30mnt, speda 15mnt,

      Hapus
    4. kemudian di pagi hari setelah bangun pagi minum air putih kemudian joging 30 menit

      Hapus
  4. Mas sigit mau tanya saya joe, umur 26 tinggi 175 berat 52 badan saya sulit besar & berotot. Terlihat kurus sekali. Kira kira pola latihan apa yg dapat saya lakukan dan suplemen apa yang cocok tanpa efek samping. Sesekali saya hanya push up dan angkat dumble ukuran kecil tapi belum ada hasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya gampang mas ..
      fitness teratur dengan program ketat dan makan makanan menu sehat
      silakan baca:
      http://hidupsehatalasigit.blogspot.jp/2012/10/motivasi-diri-dalam-fitness.html
      dan
      http://hidupsehatalasigit.blogspot.jp/2012/09/suplemen-alami-di-sekitar-kita.html

      Hapus
    2. Selamat pagi mas,

      Jadi ini alami ya mas tanpa suplemen? Klo saya fitnesh sambil minum susu weight gainer (seperti s**io*s mass, h*rd*ore mass p*a*e, dll) kira kira itu berbahaya dan ada ketergantungan gak mas?

      Dan badan yg sudah besar dan berotot karena rutin latihan fitnesh bisa mengecil kembali gak mas?

      Sekedar gambaran aja badan saya hampir sama dengan badan mas sebelum fitnesh. Dan saya minder bila ke tempat fitnesh. Krn yg lain besar dan berotot.

      Hapus
    3. karena bukan morfin jadi tiada ketergantungan, tergantung cara berfikir kita masing.
      badan yang sudah berotot, berhenti fitness maka massa otot akan berkurang atau menjadi kecil.
      badan kecil bisa menjadi besar dengan meningkatkan massa otot. selama berpendirian teguh penuh semangat dan mau bekerja keras.

      selamat berjuang.

      Hapus
  5. Mas sigit, saya jody. Umur saya 22 tahun. Tinggi 169cm dan berat skarang 55 Kg. Tapi saya msih terlihat sangat kurus. saya udah fitnes skitar 5 bulan tapi perubahan sdikit skali. Bulan pertama saya coba minum susu gainer kmudian stop bbrpa bulan baru skrg saya mnum creatin aja. Apakah bisa hanya dgn minum creatin tampa tambahan susu whey protein? Bagian otot mana dulu yg harus saya fokuskan mas? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mas jody. tinggi 169cm menurut minimal target berat badan 65kg. bila hendak menyesuaikan program mas jody dengan mengkonsumsi creatin saja tanpa suplemen protein sebaik nya pola makan harus disesuai yang dapat mencakup kebutuhan protein untuk menunjang aktifitas anda. perbanyak konsumsi buah-sayur-karbohidrat sehat.. silakan baca artikel saya tentang suplemen alami disekitar kita. dan untuk latihan bebannya, berlatihan pada beban maksimal dengan memperhatikan repetisi.

      Hapus
    2. bagi pemula, dari badan kurus dengan target penstabilan berat badan menuju ke atletis sebaiknya latihan beban disama rata pada semua otot tubuh.

      Hapus
  6. Mas sigit .. sy jackson. Mw nanya dong, apakah hanya mengonsumsi creatine tnpa mnum whey ato amino dpt memperbesar ukuran otot?

    BalasHapus
    Balasan
    1. creatin merupakan pemegang peranan dalam metabolisme otot rangka dan sebagai energi untuk otot, sedangkan Asam amino merupakan molekul yang digunakan untuk membangun protein. Protein sebagai makanan otot untuk dimetabolisme membangun otot.
      bila tidak mengkonsusmsi suplemen protein maka sebaiknya cukupi nutrisi protein pada makanan pokok anda. perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein.
      silakan baca: http://hidupsehatalasigit.blogspot.jp/2012/09/suplemen-alami-di-sekitar-kita.html

      Hapus
  7. thomas.khuniawan12 Mei 2014 pukul 19.39

    mas sigit ini saya thomas , berarti kita boleh saja konsumsi creatine ? pre workout itu apakah creatine ? berarti kita tak boleh mengkonsumsi creatine jika tidak berolahraga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk merangsang pertumbuhan masa otot kita perlu melakukan aktifitas yg berulang2 .. misalnya berjalan, berlari, angkat beban yang dilakukan banyak repetisi akan merangsang pertumbuhan massa otot. sebenarnya creatine secara alami diproduksi oleh tubuh dengan memakan makanan yg mengandung creatine seperti daging merah (sapi), daging putih (ayam), ikan, telur dll.
      banyak pengalaman dari teman2 saya ketika mereka off tidak melakukan angkat beban dalam jangka waktu 3minggu massa otot menurun. dari pengalaman ini sangatlah jelas.

      Hapus
  8. Mas sigit ini saya rony, mau tanya kalau pakai creatine sebelum latihan, setelah selesai latihan konsumsi muscle juice, apakah baik seperti itu? Nah untuk penggunaan creatine itu sendiri misalkan gym 4kali dalam seminggu dan selama latihan mengkonsumsi suplemen creatine, selanjutnya jika tidak latihan maka tidak konsumsi creatine ataupun muscle juice. Apakah hal tersebut bisa dikategorikan sebagai recycle? Terimakasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila ingin mempercepat perkembangan massa otot, sebelum latihan creatine di campur muscle juice agar protein dan energy maximal. Sebelum tidur juga minum muscle juice yang akan diproses ketika kita sedang tidur. Untuk pengertian recycle adalah memperlakukan jarak tempo berurutan dan periodik. seperti 5 minggu konsumsi kemudian 2 minggu tidak konsumsi. atau lebih extrim 1 bulan konsumsi 1 minggu off.
      selamat mencoba

      Hapus
  9. Mas sigit mao nanya nih blh ga creatine di campur whey minum nya barengan thx

    BalasHapus
  10. mas sigit mau nanya dong, maksud dari 1 minggu loading dan 4 minggu maintaining. Dan 2 minggu berikutnya rest. Kemudian dimulai siklus loading lagi, begitu seterusnya. itu apa ya? thanks mas

    BalasHapus
  11. Makasi utk postingannya ,sangat bermanfaat. tp saya masih ada pertanyaan mas. Saya olahragawan dengan latihan tiap hari,sehari 2X. Tiap pagi sesi latian sehari weight training,sehari cardio dengan durasi 2-3 Jam.Sore latian teknik tidak seberat pagi.ingin memperbesar sekaligus memadatkan otot. krn otot sy lumayan kering tp sulit besar mas.tb /bb 167 /60. gimana cara mengatur jam makan dan asupan suplemen yg terbaik? Sementara ini saya konsumsi creatine dan whey isolate.makasi ya mas..

    BalasHapus
  12. mas sigit saya mau tanya nih kira" klo minum susu gainer seperty MJ boleh tidak dicampur dengan juice buah? jika boleh ada tidak buah yang amat dianjurkan untuk digabungkan dengan susu gainer?

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar