RAHASIA SUPLEMEN SAYA PENDAMPING FITNESS

Sering kali kita bingung dalam mencari suplemen yang cocok bagi kita untuk mendukung latihan beban. Ada perasaan takut bila suplemen tersebut tidak cocok bagi kondisi kita. Itu benar, kita harus lebih berhati-hati dalam memilih suplemen yang harus disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis latihan yang kita lakukan. Biasanya suplemen impor dari Negara Amerika misalnya, memiliki anjuran dosis yang tertulis menyesuaikan dengan fisik orang Amerika yang notabene bertubuh besar dan massa otot profesional. Hal ini harus mengkondisikan pada massa tubuh kita yang notabene pemula/lebih kecil, otomatis harus mengurangi dosisnya. 


Fitness adalah olah raga yang memerlukan lebih banyak asupan nutrisi, terutama untuk fitness mania. Bagi mereka, fitness selain untuk kebugaran tubuh juga karena sifatnya yang berkaitan dengan pembentukan otot. Dan sumber pembentukan otot tersebut berasal dari protein. Karena itulah, seorang fitness mania memerlukan tambahan nutrisi berupa suplemen fitness untuk memenuhi kekurangan protein.

Beberapa jenis suplemen fitness
Suplemen Protein
Protein adalah inti untuk membangun serta mempertahankan massa otot. Kita memerlukan 1 gram protein per kilogram berat badan per hari. Suplemen protein dibutuhkan karena sebagian besar dari kita kekurangan protein dari makanan yang kita konsumsi setiap hari. 
Protein kasein merupakan salah satu protein yang ditemukan dalam susu. Kadar kasein dalam susu berkisar 80 persen, sedangkan 20 persen adalah protein whey. Salah satu perbedaan antara protein kasein dan protein whey adalah pada proses pencernaannya. Proses pencernaan kasein lebih lambat daripada protein whey. Karena di dalam perut kasein akan berubah menjadi gel kemudian akan dicerna secara perlahan. proses pencernaan kasein membutuhkan waktu 3-4 jam.


Suplemen Creatine
Bila dipakai bersamaan dengan asupan protein yang tepat, creatine dapat meningkatkan volume otot secara signifikan. Creatine menambah kekuatan angkat beban serta menambah tenaga sehingga fitness lebih efektif dan memberikan manfaat memperbesar otot dengan maksimal.

Suplemen Glutamin
Glutamin termasuk golongan asam amino non-esensial. Glutamin membentuk lebih dari 60 persen dari jaringan otot rangka. Glutamin bermanfaat dalam memulihkan otot pasca latihan beban, membantu menjaga massa otot, serta mencegah cedera otot akibat katabolisme otot.

Suplemen Mineral / Multivitamin
Kita membutuhkan banyak vitamin dan mineral untuk beraktifitas dan untuk pemulihan. Vitamin dan mineral anti oksidan  membantu dalam melindungi otot, membantu pemulihan otot dan menghilangkan radikal bebas setelah otot mengalami tekanan dan rusak selama fitness.



Saya sering sekali ditawari suplemen dari teman-teman saya. Saya pun sering ganti-ganti dengan asumsi suplemen apa yang cocok dengan latihan saya dan massa tubuh saya. Disini saya akan menceritakan pengalaman saya dalam mengkonsumsi suplemen. 

Sejak saya melakukan diet pengaturan pola makan dan latihan ketat selama 15 hari dalam rangka kompetisi body contest tanggal 25 Maret lalu, sampai sekarang ini metabolisme tubuh saya sudah menyesuaikan kondisi seperti waktu diet dulu. Walau sudah tidak diet makan apa pun sehari 4 kali berat badan tidak naik, latihan beban tetap jalan seperti biasa. tetapi massa otot bertambah. Ternyata kondisi saya seperti ini dialami oleh beberapa teman saya yang melakukan diet untuk kontes pula. Saya pernah konsumsi suplemen Muscle Juice tapi berat badan pun tak ada tanda-tanda naik. Akhirnya target saya hanya menambah massa otot. Dengan bertambahnya massa otot otomatis berat badan pasti juga akan naik.
foto disamping foto saya 13 september 2012.


foto 10 November 2013

Berikut tabel prosentase kadar lemak tubuh:



Pengukuran kadar lemak tubuh dapat di cek menggunakan alat "Body Fat Monitor" terakhir sehari sebelum puasa saya cek kadar lemak saya 5,5%. mungkin sekarang kadar lemak saya turun, karena berat badan tetap tetapi massa otot meningkat. 



Pada waktu diet, untuk membantu pembakaran lemak lebih cepat selama latihan saya menggunakan Hydroxycut. Sebelum latihan beban saya konsumsi satu kapsul, 1 jam setelah makan (karena suplemen ini mengandung kafein). Formula Hydroxycut ini membantu pembakaran lemak tubuh lebih banyak daripada program diet biasa, menambah tenaga, intensitas latihan dan menahan nafsu makan. Karena suplemen ini sifatnya memompa jantung lebih kuat dan pembakaran kalori lebih cepat sehingga energy yang dihasilkan digunakan untuk latihan yang disertai pengaturan pernafasan yang baik. Jangan mengkonsumsi lebih dari satu kapsul kurang dari 4 jam. sebaiknya sehari cukup 1 kapsul sebelum latihan. Bagi penderita penyakit jantung, diabetes, lever dan darah tinggi tidak boleh mengkonsumsi suplemen ini. Saya hanya mengkonsumsi 15 hari saja, satu hari satu kapsul. Pemakaian jangka pendek ini sudah sangat memberikan hasil yang mengejutkan yang saya imbangi dengan mengatur pola makan diet tinggi protein tanpa lemak dan latihan ketat.



Selama latihan beban saya menggunakan BCAA (Branched Chain Amino Acids) 4500 mg. Suplemen ini sangat penting untuk pembentukan otot, memberikan energy bahan bakar otot, mempercepat pemulihan otot, meningkatkan daya serap otot terhadap protein, mencegah penyusutan otot dan meningkatkan produksi hormon anabolic tubuh. Saya mengkonsumsi 4 kapsul sebelum latihan, walau tertulis konsumsi 6 kapsul sebelum dan sesudah latihan. Tetapi saya mengkondisikan tubuh saya porsi seberapa yang pas untuk tubuh saya perhitungkan sendiri. 


Sebagai suplemen penambah energi dan pembakar lemak yang aman saya menggunakan Dymetadrine Xtreme. Suplemen ini mengandung campuran yang tepat dari rempah-rempah thermogenic, vitamin dan mineral yang paling mendukung dan memperpanjang efek thermogenik (pembakaran lemak/kalori menjadi panas/energy). Dymetradrine xtreme diformulasikan untuk memberikan energi level yang tinggi dan bertahan lama sehingga anda dapat berlatih keras dan berat tanpa kehabisan tenaga. dymetadrine xtreme, suplemen energi dan pembakar lemak tanpa ephendra. Karena suplemen ini mengandung kafein saya konsumsi 30 menit setelah makan, 1 kapsul 45 menit sebelum latihan. Saya pernah mengkonsumsi 2 kapsul 45 menit sebelum latihan tetapi malah menyebabkan penumpukkan energi, fitness bisa sampai 3 jam dan menyebabkan susah tidur. Sekali lagi untuk mengkondisikan tubuh saya tersebut saya konsumsi cukup 1 kapsul 45 menit sebelum latihan beban.


Setelah latihan saya mengkonsumsi susu Whey Protein dengan takaran satu scope sekali saji. Susu tinggi protein yang mengandung amino acids untuk perkembangan dan meningkatkan massa otot. Kadang saya menggantikan dengan makan berat menu diet saya.






Dari berbagai macam suplemen yang saya konsumsi sesuai dengan pengalaman saya, bahwa suplemen-suplemen diatas adalah suplemen yang cocok dengan kondisi tubuh saya dalam proses pembentukan massa otot dan pembakaran lemak agar kadar lemak tubuh tetap stabil. Suplemen fitness yang terdapat di pasaran jenisnya sangat banyak. Kebutuhan suplemen fitness untuk setiap fitness mania juga berbeda-beda. Karenanya, setiap fitness mania harus teliti dan cermat dalam memilih sehingga diperoleh suplemen fitness terbaik yang bisa membentuk otot dengan cepat dan efektif. Hati-hati dalam membeli suplemen, karena masih ada orang yang tidak bertanggung jawab dengan membuat suplemen palsu atau mencampurnya dengan bahan lain. Lebih bijaklah dalam memilih suplemen.


Berikut ini adalah tips memilih suplemen fitness yang tepat 
Tentukan suplemen fitness sesuai dengan tujuan utama atau manfaat yang ingin anda capai. Misalnya, untuk pembentukan otot dan bukan untuk menurunkan kadar lemak.
Pilih suplemen fitness dosis tepat dan kandungan yang sesuai dengan kebutuhan. Dosis yang lebih tinggi bukan berarti lalu mendapatkan manfaat lebih banyak.
Suplemen fitness hanyalah makanan tambahan untuk pemenuhan gizi, bukan sebagai makanan utama.
Jangan memakai suplemen sebagai alasan pembenaran kebiasaan buruk, contohnya : memakai suplemen penambah berat badan sebagai alasan untuk tidak makan, atau suplemen pembakar lemak sebagai alasan untuk malas berolahraga.
Pilihlah merk suplemen yang sudah mempunyai reputasi yang jelas, dan diproduksi oleh produsen yang baik. Dapatkan referensi dari ahli kesehatan atau kolega yang anda percaya. 
Sebelum membeli suplemen fitness, cek dahulu tanggal kadaluwarsa (expired date), peringatan (warning), informasi gizi, dan segel pada kemasan.
Harga suplemen fitness tidak harus  mahal, yang penting dapat memenuhi kebutuhan fitness anda.
Pilihlah suplemen fitness yang terbuat dari bahan alami dan diolah secara alami.
Bagi anda yang muslim lihat adakah sertifikat halal dari MUI .
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari suplemen fitness tersebut, ikuti saran penyimpanan yang ada dikemasan.
Sesuai dengan namanya, suplemen fitness hanyalah tambahan bagi makanan pokok (the real food) yang kita konsumsi setiap hari. Suplemen fitness bukanlah pengganti dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti makanan pokok. Mengkonsumsi suplemen fitness dengan tepat akan membantu tercapainya tujuan fitness anda secara efisien dan efektif.



Pola makan diet saya dapat Anda baca pada link saya di : 
http://hidupsehatalasigit.blogspot.com/2012/09/panduan-menu-diet-pembentukan-tubuh.html



Komentar

  1. boz..
    aku pux bcaa tpi minumx di cmpur susu garner .
    itu gman???
    bleh nda???
    coz q gk bis minum kpsul.sering nyangkut di tnggorokan.

    BalasHapus
  2. terima kasih atas atensinya mas,
    maksudnya susu garner itu susu gainer?
    susu gainer yang banyak beredar di pasaran biasanya sudah memiliki kandungan suplemen "all in one" yaitu memiliki kandungan tinggi protein, karbohidrat kompleks, creatine, glutamin, vitamin dan mineral, arginin, bcaa, dan enzim yang lain.
    tetapi setiap tipe merk produk susu gainer memiliki kandungan yang berbeda-beda. untuk lebih bijaknya bacalah komposisi dari kandungan susu tersebut yang ada dikemasannya. bila sudah tertulis/terkandung bcaa didalamnya, maka anda tidak perlu menambah lagi suplemen bcaa murni.
    bila anda sudah punya bcaa dan gainer sebaiknya cara minumnya diberi jeda. misalkan bcaa di konsumsi di pagi hari ketika bangun tidur sebelum sarapan, sedangkan susu gainer sebelum latihan atau sebelum tidur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas saya mw tanya..knp masa otot saya tdk brtmbh..sy udh ltihn aktif slm 5 bln..sy konsmsi weider whey protein..tnggi sya 169, brat 58

      Hapus
    2. mas saya mau tanya tentang jenis suplemen yg baik supaya jadi kayak mas sigit. boleh minta nomer tlp nya. terimakasih . saya shandy dari surabya

      Hapus
  3. oiya .. susu gainer sendiri difungsikan sebagai penambah massa otot (bulking) dan daya pulih yang lebih cepat setelah latihan. konsumsi susu gainer tidak berarti melepas makan pokok seperti biasanya. susu ini sebagai tambahan asupan nutrisi disamping kita mengkonsumsi makanan pokok sehari-hari. untuk hasil maksimal konsumsilah susu gainer 2-3 kali sehari.

    BalasHapus
  4. apakah penderita diabet bisa mengkonsumsi susu gainer, saya ingin sekali menambah berat badan saya

    BalasHapus
  5. maaf mas baru balas, saya sudah baca beberapa artikel dan konsultasi ahli gizi bahwa Penderita DM boleh makan apa saja (bila tidak di barengi dengan komplikasi terutama Ginjal) kecuali Gula murni. Maka penderita boleh mengkonsumsi susu berprotein tinggi dengan batas asupan proteinnya 15 - 20 % dari total KALORI. Maka penderita DM perlu pengepasan (bukan pembatasan KALORI) Artinya penderita DM harus mengkonsumsi kalori yang telah ditentukan Ahli Gizi biasanya pengalaman saya (menurut ahli gizi) kisaranya 1500 - 2100 kalori. Maka bila penderita DM mengkonsumsi susu tersebut maka kalori dari susu tersebut harus menggantikan porsi protein hewani dan nabati (biasanya di kurangi 1/2 protein hewani dan 1/2 protein nabati penganti dari susu tersebut.

    BalasHapus
  6. terimakasih atas penjelasannya mas, jadi optimis nih untuk nambah berat badan, jadi semangat untuk terus fitness. Ok mas,moga makin sukses

    BalasHapus
  7. thanks ya blog nya sangat bermanfaat
    saya mau nanya,,,apa saja suplemen yang saya komsumi untuk ukuran badan aq
    tinggi 173 cm
    berat 68 cm
    usia 23 thun
    perut buncit
    dan kapan saja saya komsumsi dan berapa takaranya
    apa kah saya harus ikutin program suplemen yang tertera diatas,,,thanks ya brow,,,,

    BalasHapus
  8. terima kasih mas, sukses juga buat anda.
    menurut saya berat badan tersebut sudah ideal apabila kadar lemaknya dibawah 19,9%. apabila saat ini merupakan kali pertama anda menjalani program fitness sebaiknya jangan konsumsi suplemen dulu. lebih baik nutrisinya diambilkan dari makanan alami saja, asal mencukupi kebutuhan nutrisi dalam aktifitas sehari-hari. silakan baca di http://hidupsehatalasigit.blogspot.com/2012/09/suplemen-alami-di-sekitar-kita.html
    apabila anda menjalankan program latihan dan pola makan yang baik anda akan mendapatkan hasil kurang dari 10 bulan. selamat mencoba dan terus semangat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanksya brow saranya tambah lebih menggenal makanan bersuplement,,,,heheheheh,,,
      OK brow,,,program makanan bergizi sprti,,,ayam,kacang2an,tahu,tempe,bayam,daging tanpa lemak,bras merah dan sebagainya mungkin slalu saya utamakan,,,,
      saya udah 3 bulan fitness dan hasilnya pun sudah mulai nampak,,
      jadi brow untuk mendapatkan hasil yang maksimal sperti model susu el man,,,saya mesti komsumsi splemen apa brow,slama ne saya hanya komsumsi amino 2222 dan putih telur,,,,,thanksya brow,,,,suskes slalu untuk mu.

      Hapus
    2. sip .. sementara itu sudah cukup .. karena sudah tersedia banyak suplemen alami disekitar kita
      terus semangat

      Hapus
  9. infonya mantab .. dengan testimonial sendiri mantabs

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, saya suka berbagi pengalaman sendiri yg sudah ada buktinya yaitu saya .. hehehe.. semoga bermanfaat

      Hapus
  10. salam kenal mas sigit
    tinggi saya 169
    berat saya 73
    lemak perut saya lumayan agak terlalu buncit tapi hanya dibagian pinggul

    saya bingung antara bulking / cutting terlebih dahulu ?

    sekarang yg saya menjaga pola makan
    senin-jumat saya hanya makan kentang rebus telur rebus dan daging ayam/ikan/daging sapi tanpa lemak seadanya aja si kalau kebetulan adanya ayam ya ayam tergantung menu dirumah

    setiap malam saya pulang kerja saya rutin latihan angkat berat di rumah dengan angkatan 10.5kg dengan beberapa gaya angkatan dan mengkonsumsi geiner whey protein

    yang saya tanyakan apakah sudah benar pola yg saya lakukan ?
    dan untuk suplemen yang cocok untuk pembentukan badan apa ?
    saya ingin meperbesar masa otot dan kering adakah kombinasa suplemen yg pas ?

    contoh :

    BCAA & fat burner
    whey protein & creatin
    BCAA , fat burner & Creatin
    BCAA , Whey protein & creatin
    BCAA , fat burner & Whey protein

    untuk kombinasi yang cocok dengan postur tubuh ku kira2 apa ya mas ?

    terima kasih mas sigit

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam mas tio.
      sebenarnya untuk pengecekan jenis latihan apa dan suplemen apa saja yang dipakai selama menjalini program, diperlukan melihat langsung termasuk jenis otot kering atau basah.
      bila menurut saya dengan tinggi badan anda 169 berat badan yang pas untuk level fitness mania dengan kondisi massa otot lebih besar dari pada massa lemak adalah sekitar 64-70 kg. dengan kadar lemak tubuh dalam range 10-19%.
      lebih baik jalani dahulu pembakaran kalori dengan berlatih kardio (lari/treadmill, bersepeda, renang, aerobic, step machine, rowing, boxing) tanpa harus cutting dengan suplemen.
      untuk asupan nutrisi ambil dari makanan pokok sehari2. untuk pola makan yang telah diterapkan sepertinya masih ada kurangnya nutrisi yg diperlukan tubuh. silakan cek di tulisan saya tentang suplemen alami disekitar kita.
      setelah dirasa cukup berkurang rubah program latihan penambahan massa otot. dengan latihan beban max. diimbangi suplemen susu protein dan creatin. dengan latihan berat max tersebut secara otomatis akan terpenuhi pembakaran kalori yang baik dan otot tubuh kelihatan kering.

      Hapus
  11. Misi gan sy mau tanya,,sya mau turunkan berat badan tapi saya bingung mau pake antara 2 merk supercut 3 dari universal atau ultra ripped dari ultimate. bb saya 74kg sedangkan tinggi 173cm, paling tidak saya ingin turunkan sekitar max 10kg..lalu mau tanya apa bedanya daily formula, advanced formula, asiatix formula, basic formula? mohon bimbingan dan penjelasannya,,trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya pilih merek apa yang cocok itu saya tidak bs menjawab karen bisa-bia komersial. yang terpenting bila ingin mengurangi berat badan pembakaran kalori diperbanyak. asal latihan beban rutin, disiplin, penuh semangat, dengan penjadwalan latihan yang benar pasti bisa cepat menurunkan berat badan. soal daily/advanced/asiatix itupun istilah istilah yang digunakan beberapa merk2 tertentu sebagai grade dari takaran konsumsinya

      Hapus
  12. Mas sya mau tnya:
    Tinggi badan 177cm
    berat cuma 57kg
    apakah saya dengan fitnes bisa menambah berat badan sya agak pesimis neh.
    terus suplemen apa yg cocok buat pemula seperti sya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa.
      sesuai pengalaman saya sendiri dulu tinggi saya 160 cm berat 45kg. sekarang berat saya saat off season stabil 55kg. kalo pas season 50 kg. massa lemak ternyata lebih berat daripada massa otot. dengan latihan rutin, disiplin, terjadual dengan baik. maka metabolisme tubuh akan stabil. yang tadinya susah atau malas makan dengan fitness, makan akan terasa enak dan memudahkan alat pencernaan dalam pengolahan dan penyerapan makanan yang dikonsumsi. yang perlu diperhatikan ubah pola makan dengan menu sehat. bisa anda baca di http://hidupsehatalasigit.blogspot.com/2012/09/suplemen-alami-di-sekitar-kita.html

      untuk awal-awal fitnes tidak perlu suplemen. banyak suplemen alami organik disekitar kita.

      Hapus
  13. Saya baru ikut fitnes seminggu, tapi saya punya target yg harus saya capai. Saya harus bisa pull up 10,push up 45, sit up 45 dalam waktu satu bulan kedepan. Gimana caranya? Tolong bantuannya

    BalasHapus
  14. Pertanyaan saya kapan dijawab mas? Saya dead line ini. Tolong bantuannya mas. Sekalian suplemen yg pas buat saya apa. Tinggi 163 berat 60

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf mas baru bisa jawab.
      pertama latihan kardio:joging di pagi hari minimal 30 menit speed stabil, untuk melatih kekuatan otot secara menyeluruh terutama otot perut depan dan belakang, serta pengaturan pernafasan yang baik.
      mulai latihan rutin di fitness center latihan otot punggung dan abdomen. dengan latihan pull down, machine row, one arm dumbell row, chin up dan variasi punggung yang lain dengan melakukan minimal 3 set setiap jenis gerakan latihan otot punggung.
      untuk otot perut latih lah dengan latihan crunches,sit up, hanging leg raises dan variasi machine laennya. bila ada nama latihan yg tersebut ini belum jelas silakan konsultasikan kepada Personal Training anda ditempat fitness anda. atau anda bisa cari di google. karena untuk set latihan punggung saya belum sempat menulisnya, kalau latihan perut sudah tertulis di blog saya silakan chek. http://hidupsehatalasigit.blogspot.com/2012/08/latihan-mengecilkan-perut-jadikan-six.html
      karena berat badan anda sudah termasuk berat badan ideal tidak perlu suplemen yang terpenting asupan makanan sehat tinggi protein sayur,buah,daging.
      selamat mencoba semoga berhasil.
      saya tunggu hasilnya. terima kasih

      Hapus
    2. jangan lupa anda juga harus melakukan latihan tujuan inti : pull up, sit up dan push up
      catat dan perhatikan perkembangannya

      Hapus
  15. Permisi mas, saya mau minta saran + nanya juga mas (maklum masi newbie hehe).
    tinggi saya 170 dan BB 75kg, saat fitness saya melakukan program cutting dngan beban max yg saya mampu. suplement yg saya gunakan ultraripped (2/day), BCAA (5/day), dan susu protein.
    saya biasa minum susu 1 jam atau 45menit sebelum dan sesudah latihan. 15 atau 20 menit sesudah minum susu (sebelum lat), saya minum 2 ultraripped dan 2 BCAA. 3 BCAA setelah selesai latihan.
    yang mau saya tanyakan apa cara minum suplement saya sudah benar atau salah mas? (mohon pencerahannya mas)
    dan juga program yg saya kerjakan menurut mas bagaimana?
    Mohon Saran nya mas. Terima kasih. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya program yang dijalani tersebut program pembesaran massa otot.

      Hapus
    2. menurut saya, saat menjalani program catting jangan memakai beban terberat. sebaiknya pada set ke 1 gunakan beban 30% dari beban terberat sebagai pemanasan. set ke 2 beban 50% dan set ke 3 beban 60% dan set ke 4 beban 80%. perbanyak pada repetisinya misalkan per set dilakukan 20-25 kali.
      makan 1 jam sebelum fitness, minum ripped 20 menit sebelum latihan. minum BCAA (2-3kapsul. bc pada tulisan artikel saya diatas) 15 menit sebelum latihan. protein sebaiknya di konsumsi sebelum tidur. karena daya serap otot paling baik adalah pada saat kita beristirahat.
      untuk program penurunan berat badan yang memfokuskan pembakaran lemak perbanyak latihan kardio dan variasi latihan abdomen. untuk pola makan tentu saja dijaga. lakukan diet dengan program perbanyak makan makanan tinggi protein tanpa lemak. jauhi junk food. silakan cek tulisan saya yang lain.
      setelah dirasa perut proposional mulailah latihan superset seperti yang telah saya tulis diblog ini.
      karena menurut saya : kondisikan bentuk tubuh proposional dulu baru latihan pembesaran massa otot. suplemen dapat di tambah creatine. penjelasan masing2 fungsi suplemen silakan dibaca lagi.
      semoga bermanfaat bagi anda. tetap semangat dan jaga disipli,

      Hapus
  16. Syalom Bro... kalau dengan kondisi tinggi170 bb 48kg, jenis latihan beban apa yg pas buat saya? dan berapa set / rap? terus bebannya maksimal atau medium? Thanks (Sukamto)

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya pada kondisi underweight daya serap usus terhadap makanan kurang baik. lakukan latihan secara rutin. tidak perlu beban terberat. set ke 1 beban 25% dari beban terberat yang bisa diangkat, set ke 2 beban 35% dan set ke 3 beban 60% lakukan repetisi sebanyak 15x. makan makanan teratur tinggi protein serat dan mineral. cukup kan istirahat tidur anda. jangan begadang. hindari alkohol, rokok atau yang berakibat tidak baik pada tubuh. jalani pola hidup sehat seperti yang telah tulis pada blog ini.

      Hapus
    2. Terimakasih atas pencerahannya Mas...jaya selalu
      Dinantikan artikel selanjutanya

      Hapus
  17. Permisi mas mau tanya.
    TB 162
    BB 52
    Saya sudah fitnes selama 4 bulan, tujuan saya ingin menambah masa otot kira-kira suplemen apa ya yang bagus buat saya?
    Supaya pertmbahannya cepat.
    Satu lagi mas, suplemen apa saja yang bersertifikat halal dari MUI?
    arigatou / thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya pada jenis latihan dan cara latihan, apakah gerakan sudah masuk pada otot inti atau belom harus diperhatikan. creatine, amino, carnivor kalo lebih cepat lagi ditambah anabolik.

      untuk MUI saya kurang paham. silakan buka web resmi MUI bisa kontak langsung dengan yg bersangkutan

      terima kasih

      Hapus
  18. Mas saya mau tanya.Apakah benar kalau membeli suplemen lebih baik amino? Katanya kalau pakai susu prostar, carnivor, dll pertumbuhan masa ototnya cepat tapi ototnya basah,ga kaya pakai amino ototnya jadi kering. Apakah benar begitu mas?
    Mohon minta penjelasannya.
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak , belum tentu juga. saya konsumsi carnivor dan susu protein. semua bisa diatur sesuai program yang dijalaninya

      Hapus
  19. mas sigit mau tanya, tinggi saya 170 berat 75,, saya rencana mau fitness tapi melihat supplemen setelah dihitung2 katanya klo fitness protein harus 2gr/berat badan jadi 150gr. saya hitung2 untuk protein saja kena 2jt an sebulannya. saya ingin tanya apakah itu benar? apakah bisa minum proteinnya 70 gr aja seharinya untuk fitness?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya untuk pertama fitnes tidak perlu konsumsi suplemen. sebenarnya banyak terdapat suplemen alami disekitar kita. silakan baca tulisan saya tersebut. asal makan sehari2 memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh maka kita tidak perlu suplemen tambahan. kecuali bagi binaraga yang punya tujuan instan untuk profesinya. pernah saya baca untuk kebutuhan protein orang yang tidak aktif berolah raga 1gr/1kg berat badan. sedangkan orang yang aktif berolahraga 2gr/1kg berat badan. untuk atlit 3gr/1kg beratbadan. yang ditulis oleh Franco Columbu, binaragawan seangkatan dan teman latihan Arnold Swarzchenegger, dikatakan bahwa untuk setiap 1 jam latihan yang dilakukan, maka diperlukan penambahan 25 gram protein untuk menunjang proses pembentukan otot. Sementara untuk hari dimana tidak ada latihan, maka cukup kebutuhan protein harian saja yang harus dipenuhi

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. oh begitu ya... berarti bisa ya fitness tapi cm minum protein 70gr-an ya perharinya. tetep jadi kan ya cuma agak lama? yang saya takutkan setelah fitness protein kurang malah jadi kurus karena otot kurang protein untuk pembentukan. klo boleh nih minta sarannya mas untuk saya apa yang harus saya beli untuk supplementnya di awal fitness? apakah BCAA,Protein atau gainer atau apa ya? eh tapi saya udah gemuk. budget ada di bawah 1jt/bulannya. makasih atas saran dan perhatiannya. badannya bagus mas, mau kaya gitu brapa lama ya?hhehehehe

    copoaja

    BalasHapus
  22. siang mas mw nnya.. apakah suplemen bisa menimbulkan jerawat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. siang juga mas .. silakan baca di http://hidupsehatalasigit.blogspot.jp/2012/09/suplemen-fitness-menyebabkan-jerawat.html

      Hapus
  23. maaf mas ganggu...tinggi saya 165 berat badan 45...rencananya sih mau gemukin badan dulu baru mau fitness...yang baagus tu gimana mas...gemuk dulu atau langsung pembentukan badan aja??
    trimakasih sebelumnya maas bro....

    BalasHapus
    Balasan
    1. fitness aja langsung . mulai dengan beban ringan dulu yang penting penyesuain gerakan fitness dengan benar dan repetisi yang tepat. tanyakan pada senior di tempat fitness.
      dengan fitness rutin akan memperlancar peredaran darah n memperbaiki pencernaan. abis fitness makan yg banyak lengkap dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. pasti berat anda akan naik.

      Hapus
    2. menurut mas....kalau pakek AMINO WEIDER bagus gak??

      Hapus
    3. karena konsumsi suplemen pemula, menurut saya jangan konsumsi suplemen yang berat2 .. takut kalo ginjalnya kaget. sementara konsumsi aja susu protein.. ato minum aja carnivor, udah banyak kandungannya .. bikin massa otot cepet gede tuh

      Hapus
  24. malam mas...mau nanya dikit saya konsumsi hydroxycut untuk mengeringkan badan serta menurunkan berat badan saya selama latihan bbadan alhamdulillah dalam sebulan turun 10 kg diimbangin diet karbohidrat dan latihan beban pertanyaan nya apaakah diet saya terlalu extrim ato gk mas? tpi otot lengan saya agak mengecil terus ingin membesarkan otot lengan/ berotot saya cba konsumsi Muscle juice... apakah suplemen yang saya konsumsi udah bener mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. berat badan n tinggi sekarang brp mas, menu setiap hari apa aja tuh .

      Hapus
    2. maaf baru balas....tinggi 164 berat saya sekarang 65 kg...dari 78 kg...
      pola makan saya pagi sarapan pake oatmel+susu kedelai,,siang nya nasi saya cuting ditambah ikan+saayur perbanyak dan konsumsi air putih yang banyak...sore jam 6 saya makan nasi+ sayur+ kacanga2n nasi saya cuting juga...malamnya saya gk makan lagi cuma kmrin2 ini sebelum latihan pakai hydroxycut + lMen,...sekarang udah pake MJ...minta masukannya dong mas

      Hapus
    3. apa pengaruh otot saya klo tiap hari olhraga mas.....soalnya pagi-sore saya kerja jadi jadwal ltihan saya jam 8-10 malam...sebelum ltihan saya minum l-men dan sesudah latihan saya konsumsi MJ...menurut mas udah betul program saya jlankan

      Hapus
    4. dlu saya sering ngemil gorengan,junkfood,banyak makan nasi putih,makanan bersantan,, pokoknya makanan tinggi kolesterol, akhirnya sadar pola hidup gk sehat udah niat dari hati terus saya berhenti gnti dengan pola makan yang rendah karbo, gntiin dengan sayur2n, dan bauhh2n serta olahraga tiap hari mas

      Hapus
    5. jangan biarkan perut kosong.. coba baca contoh diet n pola makan sehat di blogku. untuk perkembangn massa otot yg cepat pake carnivor mass. untuk power pake amino yg powder-amino murni. latihan sminggu 4x. kbanyakan otot bisa stres. bisa cidera otot. otot jg perlu istirahat

      Hapus
    6. mkasih atas masukannya bang

      Hapus
    7. sama2 .. terus semangat

      Hapus
  25. mas bro klo memenuhi kbutuhan protein 50%nya dari suplemen amino dan 50%nya dari real food mnurut mas bro gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. its ok .. yg penting real food lengkap nutrisi. karbohidrat, buah2, sayur2, umbi2an dll .. baca blog ku tentang pola makan sehat

      Hapus
  26. Mas saya bingung pilih suplemen yg tepat
    TB 178
    BB 89
    kalo L Arginine itu penting ga sih? apa ngaruh bgt? saya lg program fitness, lumayan 1 bulan udh turun 3 kg..tp skrg lg mau nambahin massa otot skalian nurunin brat badan, bisa ga y? terus supplemen yg tepat buat saya apa y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. L arginin mrpkn asam amino non-esensial. perangsang sistem kekebalan yang kuat, dan membantu tubuh sembuh lebih cepat.
      dulu saya pernah konsumsi amino all produknya LA.nutrition amerika .. perbedaannya sangat jauh. bentuknya powder rasanya sangat pahit. di indonesia tidak ada yg jual. beli di internet malah lebih murah.
      nurunin berat badan nambah massa otot... hmmmm. adanya berat tetap tapi lemak terbakar tergantikan otot. ukur kadar lemak dengan alatbody fat monitor. untuk menambah massa otot dibutuhkan latihan disiplin tinggi dan kerja keras. tidak boleh asal asalan. setiap gerakannya pun harus benar agar terkonsentrasi pada inti otot yg dilatih. asupan bukan hanya dari suplemen tapi yang terpenting nutrisi makanan sehari2. silakan baca blog saya "suplemen alami disekitar kita"
      menurut saya 6 bln pertama jgn minum suplemen dulu.. biarkan tubuh menyesuaikan produksi hormon secara alami.untuk berikutnya baru konsumsi amino. jangan konsentrasi pada berat badan tapi konsentrasilah pada gerakan dan repetisi yg benar lakukan repetisi dan set minimal 11-15 repetisi per set dilakukan 3-4 set. konsultasikan pada pelatih anda apakah gerakan udah benar blom. lakukan program latihan secara teratur. dengan sendirinya lemak akan tergantikan otot.

      Hapus
  27. sorry lupa, skalian mau nanya kan saya anak kost...bingung buat ngatur menu makan yg murah meriah terus ga ribet tp bisa menuhin kebutuhan protein, gmn ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak sendiri. sedikit konsumsi garam.hindari msg. beli sayuran segar di pasar tradisional. silakan baca "suplemen alami disekitar kita" bila dilakukan dengan baik, telaten, disiplin, niat tulus pasti tidak akan ada kata ribet. semua tergantung pada niat dan tujuan kita.

      Hapus
  28. Sore mas sigit,,
    saya baru jd member fitnes kurang lebih 2 bulan, saya senang dgn apa yg saya alami pada tubuh saya., otot-otot saya menjadi lebih keras dan sedikit lebih besar,,
    pembesaran otot pada tubuh saya tanpa ada asupan suplemen,, saya tertarik mengkonsumsinya., tapi saya takut, apalagi ada kabar meninggalnya seorang binaraga krn mengkonsumsi suplemen. jika harus konsultasi ke ahli gizi, biaya tak murah.,
    saya minta nasehat dr anda, kira2 jenis suplemen apa yg bs saya konsumsi.,
    sdkit tambahan, saya bukan penderita diabet, jantung, hanya sering sakit pada bagian pencernaan.,
    trma ksh., salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sore juga mas ...
      wah bagus tuh .. tetap jaga semangat.
      biasanya suplemen yg berbahaya itu, yg terfungsikan memacu jantung tuk lebih aktif dlm latihan. bila jantung lemah bisa bahaya.
      untuk menambah massa otot pake carnivor aja.

      Hapus
  29. Sore masbro...
    gan ini sya mau tanya, sya sekarang lagi konsumsi supplement super mass...
    dan pola workout saya seminggu 5x, senin:dada, selasa:sayap, rabu:bahu, kamis:dada, jumat:sayap, dan sabtu minggu istirahat...
    apakah schedule fitnes saya ini benar?

    dan tiap pagi saya konsumsi suplemennya sambil sarapan, habis workout saya konsumsi suplemenya sambil makan malam, soalya jam workoutnya sekitar jam 5.30pm bro....
    bagus gak kalau habis fitnes konsumsi suplemen sambil makan malam?
    thanksss

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya, latihan 5hari berturut2 kasihan otot besarnya kurang istirahat. misal; senin punggung (4 variasi) + bisep (3 variasi) + abdomen; selasa dada (4 variasi) termasuk sayap, trisep(4 variasi),abdomen; rabu istirahat; kamis bahu (4 variasi), abdomen; jumat kaki (4variasi) + bisep (3 variasi); sabtu libur; minggu dada (5 variasi)
      usahakan ketika konsumsi suplemen saat kondisi perut kosong, agar penyerapan suplemen sempurna.
      konsumsi suplemen ketika latihan dan sebelum tidur

      Hapus
  30. Sore masbro,
    saya mau tanya nih, saya udah fitnes selama 3 bulan ditambah konsumsi susu gainer isomass extreme gainer tapi berat badan ga naik-naik juga nih... otot juga ngembangnya dikit banget

    saya baca diatas masbro saranin carnivor, kira-kira cocok ga buat saya? TB : 176cm BB : 59kg

    sama minta pola latihan yang pas buat gemukin badan donk masbro

    tengkyuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap orang memang memiliki metabolisme tubuh yang berbeda2 .. ada yg cocok produk A ada yg todak cocok produk A. suplemen fungsinya sebagai pelengkap atas kekurangan nutrisi makanan pokok yg kitakonsumsi untuk aktifitas sehari. daya serap usus juga sangat berpengaruh. kemampuan serap usus berbeda2, ada beberapa penyakit yang dapat juga mempengaruhi daya serap usus. masih ada kemungkinan lain. kurangnya istirahat(tidur) bisa berpengaruh, pola latihan yang kurang tepat, gerakan latihan yang sekedarnya/tidak kena spot sasaran otot, dll. pola latihan udah saya tulis di komen sebelumnya silakan baca. contoh latihan ada di blog saya silakan baca. good luck

      Hapus
  31. pagi mas bro,
    sy sudah fitnes selama 7 bulan rutin,,
    tetapi berat sy susah bgt naikya,
    klw bleh tw mas bro ,susu gainer yg cocok untuk tambah berat bdan ap iaa??
    trus klw bleh tanya lg,kok otot dada sy kecil bgt iaa,padahal angkatan benc press sy sudah 50 kg,ap tekniknya yg slah ??
    atw memank pengarug badan g kurus mas bro?

    tinggi 169 cm,
    bb 48 kg

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyanyannya sama dengan komen sebelumnya. silakan baca ya mas.
      cepat gedenya otot bukan berdasarkan seberapa berat beban max saja, tetapi pola latihan, baik repetisi, set yg dilakukan, variasi, posisi gerakan yg tepat. bila angkat beban paling berat trus yg bisa diangkat cuma repetisi 3-5 kali trus udah itu percuma .. yang dapat hanya capeknya saja. untuk mendapatkan gerakan yang tepat silakan konsultasi secara langsung yg dapat dipantau dengan melihat secara langsung. contoh latihan ada di tulisan blog saya, silakan baca...good luck

      Hapus
  32. mas bro sigit..
    tolong pencerahanya.
    saya mau bikin otot saya kering kenceng mas.
    bagusnya make suplemen apa ya ?
    creatine mono bagus gak mas ?
    berat saya skrg 57 tinggi 174an kira2,
    soal naik berat saya bisa dengan mudah naikin berat mas.
    saya cuma perlu otot kelihatan kering dan terbentuk.
    terima kasih mas sigit, mohon pencerahanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas Bams. bb minimal 64kg.
      poin dr pmbeseran massa otot adalah berat badan tdk terjadi knaikan yg signifikan. karna massa otot lbh ringan drpd massa lemak. jgn gunakan suplemen bila tujuannya cuman kering n terbentuk. perbanyak konsumsi protein alami dr makanan pokok.baca tulisan saya tentang suplemen alami disekitar kita. pembakaran kalori n lemak cukup dgn rutin fitnes dgn gerakan tepat dan benar

      Hapus
    2. mas Bams. bb minimal 64kg.
      poin dr pmbeseran massa otot adalah berat badan tdk terjadi knaikan yg signifikan. karna massa otot lbh ringan drpd massa lemak. jgn gunakan suplemen bila tujuannya cuman kering n terbentuk. perbanyak konsumsi protein alami dr makanan pokok.baca tulisan saya tentang suplemen alami disekitar kita. pembakaran kalori n lemak cukup dgn rutin fitnes dgn gerakan tepat dan benar

      Hapus
    3. ntar kalo berat badan dan otot udah mapan tinggal di pompa ama suplemen BCAA dan glutamin

      Hapus
  33. Halo Mas Sigit
    Mas, mau nanya. Saya sudah fitness 3.5 bulan,tinggi saya 170cm / berat badan 70kg. Saya sudah merasakan perubahan semenjak fitness,tubuh lebih fresh&fit, otot sudah ada seperti di lengan,dada, perut atas dll. Nah pertanyaan saya,perut bawah saya agak kurang maksimal mas, dalam artian masih tertutup lemak, apakah mas ada saran latihan dan pola makan yang efektif untuk memaksimalkan pertumbuhan otot di perut bawah? Saya mengkonsumsi Prostar whey protein dr ultimate.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon pencerahannya mas Sigit, terima kasih.

      Hapus
    2. silakan baca di http://hidupsehatalasigit.blogspot.jp/2012/08/latihan-mengecilkan-perut-jadikan-six.html

      tetap semangat

      Hapus
  34. Dear Pak Sigit Sucahyo,
    Saya ingin tanya:
    1.Paket suplemen apa yang cocok untuk anak usia 18 thn (pemula) untuk membentuk otot, membentuh tubuh yg ideal.
    (kalau suplemen MP(Muscle Pharm) beli yg mana saja? creatine, protein, glutamin, dan apa lg?)
    2.Paket suplemen apa saja yang cocok untuk usia 40 thn? (pemula) juga.. Apakah suplemen MP ada takaran usia?
    Mohon bantuannya, terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas ..
      1. untuk pemula yg masih muda dibawah 20th saya rasa lebih cepat dalam pembentukan otot. untuk produk nya MP saya belum pernah coba. tapi menurut saya suplemen protein dan glutamin lebih cocok untuk pemula. protein sebagai pembentuk/pembangun otot, sedangkan glutamin sebagai pemulihan stress otot akibat latihan. point terpenting jangan lupa makanan inti. kandungan nutrisi alami lebih baik dari pada suplemen buatan. perbanyak buah dan sayur. silakan baca di artikel saya http://hidupsehatalasigit.blogspot.jp/2012/09/suplemen-alami-di-sekitar-kita.html
      2. Maksud dan tujuan dibuatnya suplemen buatan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, akibat kurangnya asupan nutrisi dari makanan sehari-hari agar dapat mencukupi kebutuhan nutrisi pada saat kita latihan beban atau beraktifitas. jadi tiada batasan umur. kecuali suplemen fitness yg extrem misalnya suplemen pembakar lemak atau pemicu power banyak kandungan kafein dan zat lain sangat dilarang bagi pengguna yg memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau penyakit jantung.

      gunakan suplemen seperlunya saja, takaran harus disesuaikan dengan postur tubuh kita masing2 yg tentu saja setiap orang berbeda. takaran yg tertera buatan USA mungkin standar bodybuilding yg notabene udah memiliki massa tubuh yg besar shg dosis jg besar ..

      selamat mencoba, terus semangat berolah raga

      Hapus
  35. Dear pak Sigit,
    Saya ingin tanya.
    1. Saya ingin menurunkan berat badan, suplemen apakah yang cocok untuk membakar lemak.
    2. Minimal seminggu berapa kali latihan nya dan berapa jam lamanya.
    3. untuk mengecilkan perut buncit apakah cukup dengan sit up

    Tinggi: 169cm
    berat badan: 95kg

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas mas,
      saya baru saja melihat acara TV jepang yg mengajarkan pembakaran lemak perut dengan senam ringan. dalam hitungan 5menit lingkar perut berkurang 4cm. mungkin akan saya bahas pada artikel saya selanjutnya.
      1. untuk suplemen pembakar lemak sudah saya bahas di artikel di atas, silakan baca lagi.tetapi suplement tersebut dilarang dipakai bagi penderita tekanan darah tinggi / sakit jantung
      2. berolahraga rutin minimal seminggu 3-4 kali
      3. banyak cara untuk mengecilkan perut silakan baca http://hidupsehatalasigit.blogspot.jp/2012/08/latihan-mengecilkan-perut-jadikan-six.html

      selamat mencoba dan terus semangat
      silakan kontak lagi untuk perkembangan selanjutnya. terima kasih

      Hapus
  36. Saya ingin membentuk goal seperti jacob twilight. Saya umur 20 th. Tinggi 173 dan bb:63
    saya sekarang sudah.fitness.selama.3 bulan.jalan.
    1,5 bulan saya minum.susu 100% on WGS. Hasilnya berat bdan trun 3 kg dan otot terbentuk.sedikit.
    kemudian stngah bulan kemudian saya gk nggym karena susu habis.
    kemudian saya lanjut fitnes dengan menggunakan susu carnivor beef protein 4,6lb. Hasilnya body lumayan berisi.sperti jacob twilight tp ototnya kurang belum.seperti jacob twilight.
    sekarang saya ingin mencoba whey pro twinlab tapi harganya yg 5 lb setara dengan carnivor tdi+ amino 2000.
    pertanyaanya menurut abang lebih bagus saya memakai twinlab aja yg 5 lb atau carnivor lagi+amino 2000??? Mengingat budget saya yg pas"an dan.goal saya ingin seperti jacob twilight.
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena susu habis kenapa harus berhenti fitness?
      point utama pembentukan otot adalah nutrisi makanan inti.
      Maksud dan tujuan dibuatnya suplemen buatan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh, akibat kurangnya asupan nutrisi dari makanan sehari-hari agar dapat mencukupi kebutuhan nutrisi pada saat kita latihan beban atau beraktifitas. silakan baca http://hidupsehatalasigit.blogspot.jp/2012/09/suplemen-alami-di-sekitar-kita.html
      jangan sampe beranggapan ada ketergantungan pada suplemen.
      menurut saya untuk pembentuk massa otot yg cepat saya setuju dgn carnivor karena itu juga cocok untuk tubuh saya juga. pengecekan gerakan cara latihan sangat penting. apakah sudah benar atau belum. apakah sudah masuk pada inti otot atau belum. bila belum dapat mengkondisikan akan memakan waktu lama. konsultasikan pada instruktor tempat fitness anda.

      pembentukan otot tiada yg mustahil tetapi tiada cara instant. semua butuh waktu. tetapkan tujuan inti anda kenapa melakukan latihan otot. bersabar dan selalu bersemangat latihan rutin akan mendapatkan hasil yg maksimum.

      selamat mencoba dan terus semangat .. terima kasih

      Hapus
  37. Permisi mas Numpang Tanya... saya wanita.. umur 22 tahun.. Tinggi 155 cm, Berat badan 33 cm.. saya sering dikira anak2 mas, karena muka saya, n badan sya yg tergolong kurus ini yg bikin saya minder.. nafsu makan saya sangat rendah. dan sudah mengkonsumsi berbagai macam obat penambah nafsu makan. tpi tetap aja tidak berpengaruh ap2. tpi setelah sy berknsultasi dgn temen sy yg berhsil gndut, ktanya dya cuma mnum susu fitnes... tapi sya lupa nanya ap mereknya.. bdannya bisa jdi gemuk. n skrng dy sdah diluarkota tp no. telp nya sy ga punya (lsg ke pokoknya ya mas ^_^ hehe)

    boleh minta sarannya mas.. saya mau nambah berat badan.. kata temen saya itu kn bisa berhasil.. cz katanya susu fitness itu protein n karbohidratnya tinggi... n itu menambah berat bdan... itu yg sy perlukan.. skli lgi sy minta detail susu nya yg bgus n murah mas.. mklum kocek sdg aja.. ;) n btuh brapa lama n brapa LB untuk mncapai berat badan 45 kg??? sy mau skli berat bdan 45 kg dgn bdan 155 kg... trims.. mohon dibalas ya mas. trims.. :)

    BalasHapus
  38. untuk susu fitness yg cocok buat wanita saya belum pernah ada pengalaman.
    menurut saya orang yg susah gemuk ada gangguan pada sistem pencernaannya. kurang nafsu makan dan daya serap makanan di usus kurang maksimum.
    rubah pola hidup anda. ganti dengan Pola hidup sehat ala sigit .. hehehe .. silakan baca semua artikel yang telah saya tulis. karena artikel yg saya buat murni dari pengalaman pribadi.

    buat program pada aktifitas keseharian anda. lakukan olah raga setiap hari minimal senam ringan yg berpoin pada ketangkasan. gerakan otot akan merangsang metabolisme tubuh. terutama merangsang sistem pencernaan makanan lbh baik. atur pola makan yg mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. perkirakan sendiri seberapa kalori yg dibutuhkan untuk menjalani aktifitas keseharian anda. jangan tergantung pada suplemen buatan. sebenarnya banyak sekali suplemen alami disekitar kita. silakan baca artikel saya di
    http://hidupsehatalasigit.blogspot.jp/2012/09/suplemen-alami-di-sekitar-kita.html
    lah raga ringan seperti senam, joging, renang cocok untuk anda. setelah olah raga pasti perut akan terasa lapar. nah pas banget untuk makan yg banyak nutrisi alami. lakukan program anda dengan penuh kesabaran dan disiplin tinggi. buat tujuan program anda, yaitu ciptakan bentuk tubuh ideal. lakukan dengan penuh semangat. karena hasilnya anda sendiri yang akan merasakan dan menikmatinya.

    untuk suplemen buatan penambah massa otot dan berat badan adalah carnivor. untuk harga semua suplemen fitness itu mahal. jadi saya sarankan untuk tetep konsumsi nutrisi alami di sekitar kita. jangan lupakan makanan inti.

    selamat mencoba dan tetap semangat.
    hubungi saya lagi untuk mengamati perkembangannya
    terima kasih

    BalasHapus
  39. mas,,carnivor itu berupa sih,,obat pil atau apa?
    tlg jwbnya ku tunggu,,makasih,,

    BalasHapus
  40. oh ya mas,,belinya sulpemen BCAA itu dimana,,di apotek ada gk?
    makasih,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. umum nya dijual di tempat fitness .. konsultasikan pada trainer anda.
      tidak semua apotek jual. tetapi ada beberapa potek jual suplement fitness .. atau beli online di web resmi produk suplemen perwakilan indonesia

      Hapus
  41. mas, saya mau tanya saya pengen nurunin lemak dan menambah masa otot. saya 31 th tinggi 165 berat 65 kg fat 22% latihan 1 mgu 4x.
    saya konsumsi fat burner dan creatin. yg saya tanyakan apakah bisa konsumsi fatburner dan kreatin bersamaan? atau bagaimana cara konsumsi keduanya? karena fat burner buat kurangi lemak dan creatin nambah massa otot, tapi saya dengar keduanya bertentangan
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. latihan 4x/minggu sudah baik.
      untuk penjelasan tentang creatine silakan baca artikel saya
      http://hidupsehatalasigit.blogspot.jp/2013/09/suplemen-creatine.html

      Hapus
  42. salam bugar mas...
    saya mau minta recomendasinya mas,untuk susu geiner yang baik, tidak beresiko pada kesehatan dan halal klo boleh tau dari supplyer mana???

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam bugar dan segar .. hehehe ..
      wah seperti pertanyaan sebelumnya mas .. soal label halal dari MUI saya kurang begitu faham. silakan konfirmasi dengan MUI.
      jadi saya belum bisa menjawab pertanyaan mas tersebut.

      Hapus
  43. Salam kenal Mas Sigit,
    Mas,mohon saranya.
    saya mau menaikkan bb dan membentuk otot.tinggi 160 ,bb saya dulu 42 kg setelah ikut fitnes selama 6 bulan dengan rutin konsumsi amino sekarang bb 44kg.
    Untuk tinggi 160cm ideal bb saya berapa ya?terus saya harus konsumsi vitamin/susu atau metode fitnes yg bagaimana agar bb saya bisa naik lagi.

    Terimakasih Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mas.
      masalah yang sama seperti saya sebelum masuk dunia fitness.
      bisa anda baca pada alamat blog saya berikut:
      http://hidupsehatalasigit.blogspot.jp/2012/10/motivasi-diri-dalam-fitness.html
      untuk tinggi 160cm berat ideal menurut saya 55kg
      untuk menambah massa otot - berat badan minum susu protein carnivor aja. karena sudah fitness 6 bulan, maka untuk step berikutnya dapat dilakukan latihan berat maximal .. pasti cepat hasilnya. bila minum suplemen jangan lupa banyak minum air putih. kasihan ginjalnya kerja terlalu berat.

      selamat mencoba dan terus semangat

      Hapus
  44. Mas saya mau tanya, tinggi badan saya 172cm dan berat badan saya hanya 42kg saya baru 1 minggu menjalani fitness, yg ingin saya tanyakan apakah bisa dengan fitness berat badan saya bertambah? Suplemen apa yg harus saya konsumsi untuk mempercepat pertambahan berat badan saya?
    Terima kasih mas, tolong dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. fitness tentu saja bisa menambah berat badan bila dilakukan dengan benar. buktinya saya.
      carnivor sbg penambah massa otot
      konfirmasikan dengan instruktur anda. penjelasan suplemen pada artikel diatas
      terus semangat

      Hapus
    2. Saya seorang pelajar mas dan minim budget, kalo misalnya saya hanya mengonsumsi susu l-men gain mass apa masih bisa membantu untuk menambah massa otot?

      Hapus
    3. wah .. kalo soal minim budget .. mending cari suplemen alami aja .. baca artikel saya di Suplemen alami disekitar kita ..
      susu kedelai bagus tuh tinggi protein .. putih telor beli aja di tukang jamu air mancur murah dapet banyak.
      kalo pengalaman saya pribadi susu L-men tidak ngefek pada tubuh saya. dan sering sakit perut. tapi hal itu tentu saja berbeda dengan kondisi orang lain. ada yg cocok dengan mengkonsumsi L-men. jadi setiap orang berbeda mas.

      Hapus
  45. mas saya mau nanya , suplement apa yg bisa bantu pembentukan otot lebih bolt dan tajam, tapi tanpa mengakibatkan efec samping jerawatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap orang kondisi metabolisme tubuh berbeda. saya juga sering timbul jerawat. tapi lbh cocok pake carnivor untuk bulking. pembentukkan massa otot lbh cepat.

      Hapus
  46. Salam kenal
    Saya 38 thn, baru memulai fitnes.. tinggi 181 dan berat 111kg. Saya ingin menurunkan berat sekaligus menambah masa otot, selain diet.. kira2 kombinasi supplemen apa yg cocok untuk menambah masa otot dan menurunkan berat? Dan tidak menimbulkan jantung berdetak kencang? Apa susu protein tidak menimbulkan penumpukan kolesterol?

    Thx mas
    Ari

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mas .. maaf baru balas
      kebanyakan suplemen penurun berat badan mengandung kafein atau kalau tidak mengandung zat yg merangsang kinerja jantung untuk lebih dapat memacu aktifitas tubuh yg merangsang pembakaran lemak.
      bila pertama kali fitness dan beratnya masih 111kg perbanyaklah latihan cardio dengan berbagai variasi. untuk sementara menurut saya tidak perlu mengkonsumsi suplemen dulu terlebih ada kontraindikasi dengan jantung.
      susu protein iso - whey protein

      Hapus
  47. jelek badan mu, otot bicepsnya kacau, ngak rapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih mas .. masih banyak kekurangan. saya tulis blog cuman sekedar bagi pengalaman. syukur2 bisa berguna. bila tidak mohon maaf telah tidak berkenan

      Hapus
  48. salam kenal mas sigit. sy 32th tinggi170 bb70kg br fitnes berjln 3minggu. seminggu 4x. sy konsumsi suplemen sblm creatine, sesudah creatine+protein isolate, sblm tidur kasein. fitnes jam7-8pagi. gak sarapan. tp angkatan benchpress sy cm 20kg mas. gmn cr naikin beban angkatan sy. dan suplemen sy apakah sudah benar. dan perut masih lemak gitu. mohon pencerahannya mas. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mas,
      protein isolate yg penyaringannya lebih baik dari pada konsentrat lebih murni dan cepat diserap oleh tubuh, berfungsi meningkatkan daya angkat beban, memperlancar peredaran darah, mempercepat penyembuhan otot setelah latihan. menurut pengalaman saya mengkonsumsi suplemen 30-15 menit sebelum latihan dapat dirasakan hasil maksimal. karena saya pernah minum suplement setelah latihan, berakibat energi/kekuatan meningkat. padahal saya latihan malam hari yang notabene setelah latihan tidur. sangat sayang sekali bila kekuatan meningkat malah kita pake buat tidur. jadi sebelum latihan lebih baik mengkonsumsi suplemen. sebenarnya pada sistem tubuh penyerapan nutrisi lebih maksimal ketika kita sedang beristirahat/tidur. sebelum tidur akan lebih baik pula mengkonsumsi protein isolat.
      bagi olahragawan disiplin makan asupan nutrisi adalah sangat penting. kebutuhan kalori harus diperhatikan. apalagi ketika kita latihan beban sangat membutuhkan kalori/energi. suplemen bukan berarti pengganti makanan inti. suplemen hanyalah nutrisi tambahan untuk pembentukan massa otot kita. walau mengkonsumsi suplemen tidak boleh melupakan makanan inti.
      pembakaran lemak perut dapat kita lakukan latihan cardio - treadmill / lari 15 menit kemudian latihan otot perut (http://hidupsehatalasigit.blogspot.jp/2012/08/latihan-mengecilkan-perut-jadikan-six.html)
      selamat mencoba .. terus semangat

      Hapus
  49. mas sigit bagaimana mengkombinsikan creatine, protein isolate, protein casein biar hasil maksimal. kebetulan sy ada 3 suplemen itu ditumah. sy ngegym jam 7 pagi mas. apa perlu sarapan dulu gak ya mas. mohon pencerahannya thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow .. sudah ada protein masih konsumsi protein casein ya ..
      asal jangan lupa perbanyak minum air putih. Karena yang perlu digaris bawahi adalah apabila kita terlalu banyak konsumsi protein dalam dosis tinggi kinerja ginjal semakin over, bahkan dapat berakibat tidak baik. jadi perbanyak minum air putih.
      creatin -- berefek meningkatkan power maka konsumsi ketika latihan beban.
      protein isolate -- lebih cepat di cerna tubuh maka konsumsi juga ketika latihan beban.
      protein kasein -- mengandung asam amino dan glutamin dosis tinggi, sifat dari p.kasein lambat dicerna tubuh maka sebaiknya dikonsumsi sebelum tidur.

      Hapus
  50. misi mas sigit,,saya minta pola untuk latihan superset donk mas,,superset bahu,superset dada,sama superset punggung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. super set bahu sudah ada di blog saya.
      super set dada dsn punggung belum sempat saya tulis mas, mohon maaf, karena keterbatasan waktu.

      Hapus
  51. mas sigit, salam kenal

    bagaimana dengan nitrotech+glutamine+creatine
    apakah sudah lengkap kandungan yang dibutuhkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam,
      menurut saya sudah cukup. nitrotech merupakan protein whey yang mudah diserap tubuh sbg pembangun massa otot, glutamin sbg pemulihkan otot pasca latihan beban, membantu menjaga massa otot. creatin meningkatkan power ketika latihan beban dan memperbesar massa otot.
      terus semangat latihan!

      Hapus
  52. mas sigit saya shandy

    mau tanya saya pengen punya badan kayak mas sigit , apa saja suplemen yg di butuh kan dan apa merk nya dan jenis nya, dan beli dimana, saya juga ikut fitnes, tinggi saya 174 dan berat saya 70, pengen max kayak mas sigit
    tolong di bantu ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip .. tetap jaga semangat .. jawabannya semua ada di artikel saya di blog ini. silakan buka dan baca satu persatu. untuk pengecekan posisi latihan sudah tepat atau belum dapat di konsultasikan pada trainer Anda di tempat fitness tempat Anda Latihan. karena pengecekan tersebut harus di lihat secara langsung.
      selamat mencoba ..

      Hapus
  53. bro sebenarnya bagusan suplemen BCAA atau AMINO klo untuk pembentukan otot?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua bagus karena ada fungsinya masing2..
      Saya baca di blogbinaraga; fungsi dari asam amino yaitu untuk membentuk serta memperbaiki serat otot, sedangkan BCAAs berfungsi sebagai agen anabolic dan teknologi hemat, yang memungkinkan tubuh membakar lemak dan bukan otot, dengan kata lain, membentuk otot untuk membakar lemak.
      Tapi untuk pembakaran lemak ini tidak seefektif kategori fat loss.

      Hapus
  54. mas saya kan udah pake carnivor dan pakainya selama dan sesudah latihan dan mau tidur. ni mau tambah bcaa ast, trus pakainya gimana dan takarannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bcaa dicampur carnivor sebelum latihan saja. Kalo sebelum tidur cukup carnivor saja. Untuk takarannya satu spoon yg udah ada dlm kemasan. Bila bentuknya kapsul sesuaikan dgn massa tubuh anda. Saya pernah baca aturan minum dikemasan sekali minum 6kapsul. Saya minumsesuai anjuran malah alergi jerawat batu besar di telinga. Akhirnya saya konsumsi cuma 2 kapsul sekali minum. Takaran dikemasan ternyata takaran bagi bodybuilder org America yg notabene berbadan besar.

      Hapus
  55. mas, kalau bagi pemula yang baru latihan 1 bulanan kira2 perlu BCAA nggak mas?
    Trus kapan dikonsumsinya? Trims....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti pertanyaan pembaca diawal 3 bulan pertama sebaiknya tidak konsumsi suplemen. Agar metabolisme hormon tubuh keluar dengan alami. Karena dikawatirkan terjadi ketergantungan.

      Hapus
  56. mas sigit, saya eko.
    umur 43 tahun, berat 60, tinggi 162. saya baru memulai fitnes kira2 2 bulan ini. untuk yg se umuran saya ini, gerakan2 apa saja yg seharusnya agar badan saya bisa bagus, dan suplemen yg cocok untuk se umuran saya ini apa, terimakasih infonya. saya sangat mengharapkan bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mas eko.
      untuk umuran Anda masih tergolong jiwa semangat muda. masih powerful jadi tiada bedanya melakukan pola latihan beban layaknya kawula muda. yang terpenting tetap semangat. asalkan tiada gangguan kesehatan dan pantangan dari dokter yang bertentangan dengan latihan beban. bagi pemula dimulai dari beban ringan terlebih dulu, dengan repetisi yang banyak. agar otot-otot dapat menyesuaikan terlebih dulu. tiga sampai enam bulan sementara tidak usah konsumsi suplemen dulu agar sistem metabolisme tubuh secara alami memproduksi hormon yang terkait. untuk selanjutnya Anda dapat mengkonsumsi suplemen whey proten, amino, creatin. kalau bisa glutamin juga agar setelah latihan beban kerukana sel otot dapat diperbaiki/menghilangkan nyeri dan capek.
      terus semangat.. pantang menyerah. kabari saya lagi setelah berhasil ya mas.. good luck.

      Hapus
    2. terima kasih infonya mas sigit. tapi saya juga mengkonsumsi susu untuk fitnes yg ada iklannya di tv itu, kl susu itu apa ndak apa2??

      Hapus
    3. wah .. kalo untuk merk susu tersebut setiap individu berbeda2 .. tetapi cara tepat bila kita hendak membeli suplemen adalah dengan mengecek kandungan apa saya yang terdapat pada kemasan tersebut. berapa kadarnya harus kita bandingkan dengan merk lain yang sangat berpengaruh dengan harga. biasanya harga mahal tergantung dari besar biaya promosi yang dikeluarkan oleh merk tsb

      Hapus
  57. mas membeli suplemen yg asli tempatnya di mana? webnya apa klo bli online?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah .. saumpama saya jualan suplemen pasti laris ya .. hehehe
      cara membeli yang tepat kunjungi situs aslinya. coba cari di google dengan kata kunci merk dari suplemen yang hendak di beli.
      bila kesulitan Anda bisa konsultasi dengan tempat fitness Anda.

      Hapus
  58. Saya Saiful

    Tinggi 170, Berat badan 53, Vegetarian

    Mau tanya mas, gimana ya cara buat gemukin badan?
    Utk masalah otot, aku sudah sixpack mas, alami gak pakek fitnes ataupun suplemen... Gak tahu kenapa muncul dg sendirinya... Mungkin pengaruh suka olahraga saja dari kecil, sepak bola, bulu tangkis & voli... Yang paling sering aku lakukan & masih aktif sampai sekarang sih lari & voli...

    Banyak tmn2 ku bilang badanku sudah bagus tapi sayang kurang berisi alias kurus... Sempet iri lihat tmn yang ikut fitnes baru 2 minggu badanya sudah terbentuk & agak berisi... Kata tmn ku yang ikut fitnes ototku termasuk otot kering... Entah apalah itu aku gak tahu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal,

      olah raga lari, voli, sepak bola, bulu tangkis sangat berpengaruh dalam pembentukan otot kaki dan abdomen. terutama lari dan sepak bola.
      bila sering melakukan olah raga tersebut tidak heran lagi bila terbentuk six pack.

      bila tergolong otot kering maka akan semakin mudah untuk dibentuk atau ditingkatkan massa ototnya. dengan melakukan fitness yang diiringi gerakan yang benar akan merangsang perbaikan sistem pencernaan tubuh. terutama mempermudah penyerapan sari makanan dalam usus. metabolisme tubuh akan mudah menyesuaikan.
      untuk program bulking atau peningkatan massa otot pada umumnya mengkonsumsi suplemen carnivor.

      Hapus
    2. jangan lupa makan yang banyak,, bila selesai fitness terasa lapar maka segeralah makan, dan jangan ditunda. makan besar sehari minimal 4 kali. kalau bisa sehari makan 6 kali. otomatis massa otot akan semakin terbentuk.

      Hapus
    3. carnivor bli di mna bro? alamatnya bro?

      Hapus
    4. coba di cek di internet ..
      kalau tidak konsultasikan dengan instruktor tempat Anda fitness

      Hapus
  59. Bro tinggi saya : 175cm
    Berat : 66 kg
    Sudah nge gym kurang lbh 1 setngh minggu , saya konsumsi isomass dan amino stelah latihan dan sebelum tidur saya konsumsi amino satu biji , berat badan saya naik dari 59 ke 66 tp saya gak ngliat perubahan pada tubuh saya , coba kasi saran bro :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. bila ditempat Anda ada alat pengukur BMI silakan cek.. disitu terdapat prosentase kadar lemak tubuh, bila alatnya canggih tercantum pula prosentase otot setiap bagian tubuh.
      amino sebaiknya dikonsumsi ketika latihan. protein dapat dikonsumsi ketika latihan dan sebelum tidur. sebenarnya tiada hasil yang instant .. dijalani dulu dengan penuh semangat dan cara gerakan latihan yang benar. jangan terlalu berharap hasil instan tetapi konsentrasi pada tujuan awal .. mencapai massa otot yang lebih meningkat.. perlahan tapi pasti.. selamat berolahraga

      Hapus
  60. Trs kalo isomass tu cocok gak buat pemula? Hehe newbie ni bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan baca
      http://hidupsehatalasigit.blogspot.jp/2013/12/suplemen-protein.html

      Hapus
  61. Malem mas..
    Tinggi saya : 178cm
    Berat badan : 68kg
    Body fat : 15%

    saya sudah fitnes kurang lbh 2 tahun.
    saat ini sy ingin mlakukan latihan cutting.karena 2 bulan lagi ingin coba'' ikut kompetisi.yg saya ingin tanyakan,bgaimana pola latihan cutting yg baik untuk saya dan skaligus body fat saya bisa jadi 10% kebawah untuk 2 bulan kdepan

    adapun suplement yg saya gunakan saat ini yaitu : carnivor whey,preworkout,bcaa
    apakah suplement yg saya gunakan sudah benar?atau perlu dganti/dtambah?perlukah ditambah hydroxicut?

    pola latihan yg saya lakukan saat ini
    contoh : senin(dada)
    benchpress 4 set(set 1 beban total 40kg 15reps,set 2 beban total 60kg 12reps,set 3 beban total 80kg 7rep,set 4 beban total 90kg 4rep)

    slanjutnya dumbell press,dumbel fly,butterfly,cablle,pullover,(dengan set dan rep yg sama)

    mohon sarannya mas,apa yg kira'' perlu diperbaiki,
    untuk diet,saya rasa sudah benar,kurang lebih sama dgn pola diet mas sigit

    BalasHapus
    Balasan
    1. pagi mas ..
      wah latihannya penuh semangat nih ,, jadi ikut senang.
      untuk persiapan 2bulan waktu sangat mencukupi. diet tetap dijalankan sampai hari-H kalau bisa di konsumsi hydroxicut bila tidak ada gangguan jantung.
      carnivor setahu saya sebagai pendongkrak bulking, hal ini bertentangan dengan hydroxicut. bagaimana bila ketika diet bcaa tetep, bila ada konsumsi glutamin dan creatin. kemudian hydroxicut (cara minum harus sesuai anjuran).
      latihan benchpress anda sudah baik. latihan dada sebaiknya divariasi antara incline-flat-decline dengan set masing2. lebih baik lagi disela2nya divariasi butterfly agar garis antara belahan dada terlihat jelas.
      untuk latihan cutting anda dapat mengkombinasikan 3 latihan otot yang terkait dengan berbagai variasi tanpa jeda, seperti tulisan saya di latihan super set.
      saya tidak bisa beropini bagian mana yang perlu diperbaiki karena harus menyesuaikan bentuk otot yang sekarang ini. dengan melihat ototnya maka jenis latihan dapat disesuaikan bagian mana saja yang kurang.
      terus semangat dan semoga berhasil.

      Hapus
    2. untuk selanjutnya silakan inbok di Gmail saya

      Hapus
  62. Mas, suplemen yg pling bgus utk mmperbesar otot dan cepat gede apa ya?
    Mutant mass, mass freak, muscle juice, apa carnivor mass?
    Saya sudh ftnes 6 bln, ni mau beli suplemen tp bingung mau yg mana. Tolong d bantu mas

    BalasHapus
  63. maaf mohon saran
    tubuh saya krempeng, saking krempengnya ga ada cewe yang mau deket saya,
    pengen gemukin badan tp susah karena selera makan saya rendah, kurang nafsu makan
    saya mau fitnes, tp untu suplemen yang cocok untuk memperbesar badan saya apa ya ?? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan baca tulisan saya mas
      http://hidupsehatalasigit.blogspot.jp/2012/10/motivasi-diri-dalam-fitness.html

      Hapus
  64. Mas saya sudah fitness selama 6 bulan badan udh lumayan terbentuk yg skrg saya konsumsi susu awalnya pakai mutant mass,sekarang pakai serious mass,creatine,sama bcaa musclemeds.
    Pada saat saya konsumsi bcaa yg serbuk saya suka sakit perut mas kenapa ya itu?
    Lalu susu yg baik buat saya soalnya perut saya membuncit takutnya kalori dan fat yg besar dr susu gainer,rencananya saya mau ganti susu bagusnya pakai susu gainer merk apa ya gan?carnivor mass kah?lalu cara mengecilkan perut agar sixpack gimana mas sigit?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon balasannya bang sigit hehe

      Hapus
    2. Saya konsumsi susu cuman sesudah latihan mas itu juga cuman 2 scoop,lalu cara konsumsi susu creatine dan bcaa yg baik bagaimana mas? Agar hasilnya maksimal thanks mas

      Hapus
    3. salam,
      untuk mengecilkan perut bukan dari minum suplemen. tetapi cara latihan yang berpoint pada abdomen. untuk membakar kalori diperut perbanyak latihan kardio dan abdomen. dari kardio misalnya lari menanjak dengan kemiringan 10~45 derajat dengan badan agak membungkuk ke depan yang bertumpu pada kekuatan otot abdomen. dan lakukan latihan abdomen misalkan walking in the air, twister, leg rice dan laen sebagainya. untuk latihan di gym buat lah urutan program latihan beban Anda sehingga otot mana saja yang perlu dilatih dan waktu istirahat yang berkesinambungan. untuk pola makan diatur. kurangi makanan berlemah seperti gulai, sate buntel, tongseng dll. perbanyak makan daging tanpa lemak, sayuran, buah2an, yang banyak mengandung serat alami yang berfungsi meyeret keluar kolesterol/lemak dari tubuh.
      bila konsumsi suplemen berakibat sakit perut sebaiknya dihentikan dulu. perut Anda masih belum bisa menyesuaikan bermacam2 konsumsi suplemen dalam satu waktu sekaligus. minum protein, creatin, bcaa 15 menit sebelum latihan. sebelum tidur minum protein saja. karena penyerapan maksimal ketika kita sedang tidur.
      selamat mencoba dan jaga semangat

      Hapus
    4. Terimakasih sekali tipsnya bang sigit sangat membantu,kalau suplemen untuk penambanh massa otot carnivor mass apa carnivor yang isolatenya saya masih bingung bang

      Hapus
    5. terima kasih kembali.
      soal isolate sudah ada di tulisan saya.. wah blom baca ya.. baca doong .. hehhe
      http://hidupsehatalasigit.blogspot.jp/2013/12/suplemen-protein.html

      Hapus
  65. bang sigit, mau tanya TB saya 170 / 171 cm (Lupa) BB antara 72 - 74kg (naik turun)..
    saya mau ngebesarin + ngebentuk otot, saya seminggu fitness 5x seminggu, dengan pola latihan sehari bicep + tricep, besok nya back + chest, besoknya kembali lagi ke bicep + tricep dan seterusnya, saya kalau main langsung memakai berat yg paling maximal yang mampu saya lakukan, itu sudah benar belum?

    saya sudah pakai carnivor rencana mau tambah pakai creatine monohydrate dari UN, kira" bagus ga ya?
    saya sehari cuman makan 1x maximal 2x (badan saya mudah gemuk) kalau sehari harus makan 4x porsi besar, badan saya pasti bakal kembali jadi 90kg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas kevin sudah latihan beban berapa lama?
      bila sudah lebih dari 6 bulan Anda siap untuk melakukan beban terberat.
      bila belum sebaiknya beban biasa saja misalnya set 1-set4; 30%-40%-50%-60%dari berat badan .. sementara perbanyak repetisi dulu misalnya per setnya dilakukan sebanyak 20~30 kali repetisi.
      otot kecil dapat dilakukan latihan setiap hari
      otot besar dilakukan satu hari satu saja secara bergantian di hari berikutnya
      otot kecil: bisep, trisep, abdomen, forearms
      otot besar: dada, punggung, bahu+trapesiuz, kaki
      buat lah program secara urut.
      untuk pola makan anda dapat mengatur pola makanan sehat perbanyak sayuran dan buah yang banyak mengandung serat.
      silakan baca tulisan saya. contoh diet dan latihan beban.
      creatin memberi efek tenaga dan merangsang pembentukan massa otot,
      bila semakin banyak minum suplemen harus diimbangi dengan banyak minum air putih agar ginjal tidak semakin berat dalam bekerja.
      terus semangat!!

      Hapus
    2. belum ada 6 bulan baru 5 bulan (bulan ke 5 coba pakai carnivor beef isolate udah lumayan kliatan) menurut bang sigit saya perlu tambah supplemen yang lain atau tidak?kalau iya di tambah supplemen apa ya bang? ini badan keknya masih tinggi kadar lemaknya

      Hapus
    3. sementara pake itu dulu.. tidak usah tergesa2. yang penting fokus latihan dan teratur. pola makan juga diperhatikan. kadar lemak tinggi silakan sebelum latihan beban Anda pemanasan cardio 30 menit.

      Hapus
    4. bang sigit carnivor saya udah abis, saya coba pake VP2 + beli hydroxicut itu di gabung gapapa kan pemakaiannya? (ada delay)

      *ralat kadar lemak normal bang

      Hapus
  66. Bang, suplemen yg cocok buat yg berjerawat apa?
    saya pernah pake amino 2000 bnyak timbul jerawat, solusinya gmna bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah blom baca tulisan saya ya .. baca semua dong .. hehehe
      http://hidupsehatalasigit.blogspot.jp/2012/09/suplemen-fitness-menyebabkan-jerawat.html

      Hapus
  67. Hallo bro salam kenal sy Axiang usia 37 th berat 55kg tinggi 165 ada diabet. Saya mau program menaikan berat badan. Sb org diabet kl olahraga malah berat turun. Mhn saran nya suplement yg aman buat penderita diabet spy saat latihat hasil ttep cepat kelihatan. Thx yaa bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal,
      seperti pertanyaan sebelumnya mas
      saya sudah baca beberapa artikel dan konsultasi ahli gizi bahwa Penderita DM boleh makan apa saja (bila tidak di barengi dengan komplikasi terutama Ginjal) kecuali Gula murni. Maka penderita boleh mengkonsumsi susu berprotein tinggi dengan batas asupan proteinnya 15 - 20 % dari total KALORI. Maka penderita DM perlu pengepasan (bukan pembatasan KALORI) Artinya penderita DM harus mengkonsumsi kalori yang telah ditentukan Ahli Gizi biasanya pengalaman saya (menurut ahli gizi) kisaranya 1500 - 2100 kalori. Maka bila penderita DM mengkonsumsi susu tersebut maka kalori dari susu tersebut harus menggantikan porsi protein hewani dan nabati (biasanya di kurangi 1/2 protein hewani dan 1/2 protein nabati penganti dari susu tersebut.

      Hapus
    2. maaf saya tidak bisa memberikan penjelasan terperinci bagi penderita diabet. ada baiknya bila Anda konsultasikan kepada dokter Anda atau ahli gizi.

      Hapus
  68. MAS SIGIT, bb sy 65/170 untuk bulking setingannya mass+bcaa+glutamin+kreatine/buster gmn mas bagus gak ya. pemakaiannya gmn mas. mohon pencerahannya. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah lengkap sekali suplemennya .. udah lama fitnes ya ma.
      untuk bulking mending atur pola makan tinggi protein, suplemen carnivor udah lumayan kandungannya.

      Hapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  70. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  71. Mas Sigit, suplemen: Carnivor / Hydroxycut / Amino. Itu semua halal gak ya? Soalnya saya belum pernah liat ada label halal MUI-nya. Thx Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya belom tahu masalah itu mas. silakan hubungi MUI untuk mendapatkan informasi yang lebih detail. bila ragu jangan mengkonsumsi. silakan konsumsi suplemen alami disekitar kita seperti artikel saya berikut .. silakan baca
      http://hidupsehatalasigit.blogspot.jp/2012/09/suplemen-alami-di-sekitar-kita.html
      masak sendiri dengan doa yang khusuk akan menjadi halal .. selamat mencoba

      Hapus
  72. Mas sigit, kalau buat menjaga keadaan otot tetap stabil saja, bagusnya konsumsi bcaa atau beef amino y??. Thks mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa 2-2 nya
      cuba di cek kadar kandugannya bagusan mana

      Hapus
  73. Mas sigit apakah benar jika kita lari atau jogging dapat menyusutkan otot?soalnya saya ingin membakar lemak perut saya mas,makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya .. karena olah raga joging termasuk kategori cardio .. hampir semua otot dalam gerakan cardio saling berkontraksi .. kalo berlebihan bisa menyusutkan otot.
      silakan dilakukan 30mnt tiap pagi. diimbangi dengan minum air banyak dan makanan tinggi protein serta latihan beban rutin.

      Hapus
  74. Mas sigit apakah menthandinone berbahaya bagi tubuh? Lalu efeknya apa saja mas mohon pencerahannya makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. menthandinone disebut juga dengan nama Dianabol dan dikalangan atlet menyebutnya "Dbolik"
      menurut artikel konsumsi Dbolik 10tab (100mg/hari) akan meningkatkan massa otot 2-7kg (rata-rata 3,3 kg) tanpa disertai kenaikan massa lemak. Namun pada sisi lain menurunkan kadar testosteron sampai 40% dari normal. Sehingga dapat disimpulkan Dbol memiliki manfaat meningkatkan massa otot, kekuatan dan kinerja namun rawan terhadap hormon testosteron dan liver. Penggunaan dalam dosis yang tepat serta suplemen kesehatan hati (Liv-52, Protect Ironlabs, Milkthistle, dll) mutlak digunakan.
      D - bolic adalah steroid oral yang berlaku dengan efek yang besar pada metabolisme protein. Methandienone merupakan turunan dari testosteron dan memiliki properti anabolik dan androgenik sangat kuat. Ini memiliki efek yang besar pada metabolisme protein dan meningkatkan sintesis protein. Efek ini memanifestasikan dirinya dalam dengan menciptakan keseimbangan nitrogen positif, mendukung builidup protein dan, dengan demikian, massa otot rangka.
      Tergolong steroid dengan sifat anabolik yang tinggi dengn androgenik yang rendah. Kandungan C17 Alpha Alkylated didalamnya akan bereaksi dalam darah dan memberatkan kerja hati.

      Hapus
  75. maaf lg belajar ngetik mas sigit, salam kenal ya, mohon arahan bahwa usia saya sdh 37 ikut fitness dan suplemen menggunakan nitro tech dan hydroxicut, ada saran dari teman untuk seusia saya agar menggunakan tribulus supaya bisa mempercepat pembentukan otot, apakah benar demikian dan untuk recovery suplemen yg dibutuhkan BCAA atau glutamin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mas,
      maaf, untuk berat badan dan tinggi badan berapa ya mas?

      Hapus
    2. Saya udah baca komposisi nitro tech dan ternyata masih mengandung lemak dan ini bertentangan dgn hydroxicut yg membakar lemak tubuh. Saya saran kan konsumsi whey protein dengan disertai pengaturan pola makan tinggi protein rendah lemak. Silakan baca tulisan saya tentang contoh menu diet.

      Hapus
    3. Saya sudah baca beberapa artikel tentang tribulus. Bahwa pada dasarnya tribulus merangsang produksi testosteron yaitu hormon sexual laki2 yg berfungsi juga dalam merangsang perkembangan otot. Tetapi yg saya baca kebanyakan menyampaikan bahwa karena tribulus meningkatkan produksi testosteron dan memperlancar peredaran darah pada pembuluh penis shg penis menjadi semakin keras. maka tak elak lagi nafsu sexual akan semakin meningkat walaupun efek untuk perkembangan otot tetap ada.
      Bila aktifitas sexual neningkat yg disertai keluarnya sperma yg 100% kandungan protein tinggi maka asupan protein yg masuk akan tertuju berkonsentrasi pada pembentukan sel sperma. Bukankah demikian. Untuk pembentukkan otot memang harus sabar. Walau ada cara instant yaitu dgn steroid yg memiliki dampak yg tidak baik bagi tubuh. Tetap semangat dan terus bersabar mas.

      Hapus
    4. Untuk beda bcaa dan glutamine artikel diatas saya rasa sudah sangat jelas. Dan bila sudah dibaca mas aji tralalatrilili pasti sudah tahu jawabannya.. hehehe

      Hapus
    5. terima kasih mas, atas pencerahannya

      Hapus
    6. Sama sama.. terus semangat!

      Hapus
  76. halo abang sigit,, saya mau nanya, awalnya berat badan saya 82 kg tinggi badan 169 cm,, saya sudah ngegym angkat beban(20an menit) + cardio (20-40an menit) selama +-1 bulan dan berat badan turun menjadi 78,, selama ini tidak ada masalah dan kira2 sudah benar belum latihan saya??? saya kalau minum ultraripp*d pembakar lemak kok kadang2 perut berasa mules begitu ya???? itu normal gk???? makasih banyak abang,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah udah ada pola latihan cardio dan latihan beban secara teratur .. bagus mas.. tinggal secara bertahap latihannnya dimodifikasi kelevel atas. Untuk ultraripped karena mengandung kafein kemungkinan perut anda tidak kuat. Apakah ada riwayat sakit maag? Bila perut tidak kuat lebih baik pamakaiannya dihentikan.

      Hapus
    2. ya bang,, sebelum diet makannya ga teratur,, tgh malam sukanya makan mie instant rebus,, akhirnya suka asam lambung klo tengah malam,,tp skrg makan udh teratur bang,, udh ga pernah asam lambung lg,,hehe,, tp ya itu kdg2 mules aja klo minum ultraripped??

      oia bang,, saya klo push up suka ga kuat knp ya?? paling kuat cuma 8x 1 set,, itu pun udh ngos2an gk kuat lg,, saya klo latihan sukanya pake pake lat pull down,, bench press,, sama latih otot punggung n jg kaki,, udh tepat belum ??? mksh bnyk

      Hapus
  77. halo,,salam kenal bang sigit.
    sy mo tanya untuk suplemen bcaa produk ast yg bang sigit gunakan bagus gk ya untuk postur seperti sy, tb 160, bb 55.
    mksh byk bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga bang asep.. itu fotonya pas lg gym ya.. sudah bagus posturnya bang, tinggal latihannya diperkuat lg agar serat ototnya lbh kelihatan. Untuk cocok tidaknya setiap metabolisme tubuh masing masing org berbeda mas. Bagi saya cocok. Terus semangat mas..

      Hapus
  78. Halo bang, mau tanya ni, saya fitnes dan menggunakan suplemen produk dari twinlab, setiap hari saya konsumsi suplemen (fat loss) tersebut, kira2 berapa bulan bisa terlihat efeknya ya bang, thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1~3bulan disertai latihan ketat dan pola makan lebih diatur akan terlihat berbeda drastis..

      Hapus
  79. mas sigit untuk program bulking perlu gak tambah suplemen nitric oxide. ada efek negatif gak ya dr nitric oxide.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang begitu jelas tentang nitric oxide. Belum pernah pakai. Setahu saya nitric oxide memberi pengaruh memperlebar pembuluh darah sehingga semakin lancar peredaran darah. Pemompaan jantung pun semakin kuat. Cocok ketika kita latihan super set berat. Bila ada gangguan jantung lebih baik tdk mengkonsumsi.

      Hapus
  80. Halo om, kalo carnivor beef protein isolate boleh digunakan beserta ultra ripped gak? Cara pakainya bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Carnivor lebih baik dikonsumsi ketika kita proses bulking (penggemukan penebalan massa otot). Sedangkan ultra ripped lebih baik ketika proses cutting (pengeringan). Bisa jadi sifatnya bertentangan.

      Hapus
  81. Om mau nanya, kl8 bcaa amino acid boleh di konsumsi bersamaan dengan ultra ripped ngak? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mas.. bcaa amino memberi efek power bertambah. Jadi bisa mendongkrak angkat beban lebih extrim yg berakibat pembakaran kalori bertambah sejalan dgn tujuan ultraripped.

      Hapus
    2. Saya dalam pengunaan Masstech mass gainer bisa minum sebelum tidur?

      Hapus
    3. tujuan target mas bulking atau pengeringan?
      bila bulking konsumsi Masstech mass gainer bisa,
      tetapi bila pengeringan menerut saya ini bertentangan dengan ultrariped, karena Masstech mass gainer kandungan karbohidratnya lumayan banyak

      Hapus
  82. Assalamu Alaikum, mau nanya mas. Aq ikut fitness sdh 4 bln skrg sdh bli susu carnivor dan Amino 3000, cm blm tau gimana cara minum yg baik, Tb 170 BB 70, aq latianx pagi mas kira2 1 jam, latianx 4 sampai 5x seminggu apa sdh cocok mas,lingkar pinggang sdh mulai turun tp msh banyak lemak dibagian pinggang, gimana cara mengurangix sebanyak mungkin, apakah perlu minum pembakar lemak ?. mohon penjelasannya. tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa alaikum salam, maaf baru balas.
      cara minumnya bisa dikemasan, atau satu cup (sendok bawaan dalam kemasan) di campur air dikonsumsi sebelum latihan dan atau sebelum tidur. amino bisa konsumsi 2-3 kapsul sebelum latihan (lebih baik dikonsumsi ketika perut dalam keadaan kosong).

      untuk berapa lama latihan targetkan pada otot mana yg perlu dilatih dengan memperhatikan repetisi dan point otot tercapai. untuk mengurangi lemak, perbanyak latihan cardio (joging, lari, renang, bersepeda dan aerobic) .. suplemen pembakar lemak beresiko bagi penderita jantung lemah. sebaiknya bagi pemula cari yang alami dulu saja. bila hendak ikut turnamen silakan konsumsi.

      Hapus
  83. oh iya mas info sy diatas blm lengkap, pake susu carnivor beef protein isolate dan Met-Rx Amino 3rb, jadwal latianx pagi jam 6.30 sampai 7.30. tks Wassalam.

    BalasHapus
  84. Malam mas, saya mau nanya neh
    Tinggi saya 172cm dan bb 52kg
    Saya sempat menggunakan susu carnivore gain mass dan whey protein..
    Tetapi jerawat timbul banyak, padahal jadwal latihan teratur 5x latihan otot, 2hr istirahat dlm 1minggu..
    Apakah susu yg saya kosumsi tidak cocok dengan tubuh? Kl iy, susu jenis apa yg cocok ya?
    Saya juga mw mencoba menggunakan bcaa + susu kedelai(sebagai penganti susu protein)..
    Apakah bcaa dan susu kedelai cocok untuk menambah massa otot saya(dengan postur tubuh kurus)?

    Terima kasih, salam sukses..

    BalasHapus
  85. Slm knl mas,saya umur 22th, tinggi 167cm, berat 56 (itu setelah fitnes 2 bln,sebelumnya bb saya 54,tp bb saya dulu pernah mencapai 57). Pertanyaan saya: 1.apakah saya butuh suplemen penunjang buat fitnes saya? 2.susu apa yang cocok buat nambah bb bagi saya,sebelumnya saya memakai L-men whey protein (saya ingin mencapai bb 60)? 3. Apakah pemakain susu whey protein 1 jam sebelum dan sesudah latihan sudah benar? Kalau sesudah,biasanya saya barengi dg konsumsi telur. †нªηк'ڪ sebelumnya mas ! :)

    BalasHapus
  86. Mas sigit, mohon arahan mas. Saya benni, palembang. Saya baru ikutan fitness udah 2 minggu. Susu & suplemen apa yang harus aku minum bt menambah berat badan & massa otot. (Tinggi=181 berat=70). Terima kasih mas sigit, salam kenal :)

    BalasHapus
  87. Mas Sigit, tolong info nya y, nama saya Alwi, usia 26 tahun, tinggi 161cm, awalnya berat badan saya 52kg, saat ini berat badan 60kg namun perut buncit dan kurang tegas definisi otot nya klo tidak d kenceng-kencengin, sudah sejak 1 bulan lalu saya nge gym, suplemen yg saya pake Muscletech Premium Mass Gainer, MP Creatine, BCAA+Glutamine Scivation Xtend..Saya rencana nambah suplemen fatburner u/ buat perut biar bisa ramping..bagaimana dengan kombinasi 4 (Susu Gainer, Creatine, Bcaa+Glutamine, & Fat Burner) macam suplemen itu Mas?? Apa sudah cukup oke?? saran?? terima kasih banyak

    BalasHapus

Posting Komentar