Apakah SIX PACK itu ?


"sixpack" sebenarnya adalah bagian otot perut yang disebut dengan rectus abdominis, yaitu sepasang otot yang melintang secara vertikal pada setiap sisi dinding perut. Otot sixpack terdapat pada otot perut bagian depan yang dalam istilah asing di sebut Anterior Wall Abdominal Muscles. Otot ini terbagi dalam 4 bagian otot, yaitu seperti terlihat pada gambar berikut ini:



Transversus Abdominus
Merupakan otot yang berada paling dalam di antara ketiga otot yang lain. Otot ini berperan dalam menstabilkan punggung bagian bawah. Para ahli menyatakan bahwa saat melakukan aktivitas seperti berjalan, berlari, dan sebagainya, otot ini adalah yang pertama kali aktif bergerak. Otot ini tidak dapat terlihat layaknya otot sixpack, karena letaknya yang berada terlalu dalam pada perut Anda.

Internal Oblique
Otot ini berada di bawah otot external oblique. Otot ini membantu pergerakan tulang belakang saat melakukan latihan seperti crunch. Selain itu, otot ini juga berperan menstabilkan tulang belakang ketika melakukan gerakan memutar atau membungkuk.

External Oblique
Otot ini berada di belakang tulang rusuk bagian bawah dan melintas menuju panggul. Otot ini juga berguna untuk menunjang pergerakan tulang belakang. Selain itu, external oblique juga berguna menjaga kestabilan tulang belakang saat melakukan latihan yang membuat tubuh menekuk ke samping. 

Rectus Abdominus
Adalah bagian otot yang membentuk “sixpack”. Rectus berarti “lurus” dan abdominus berarti “perut”, yang berarti otot ini berada tegak lurus pada perut. Otot ini berguna untuk menjaga tulang belakang dan panggul tetap stabil.


Cara membentuk perut six pack
Untuk membentuk perut sixpack, selain berlatih teratur, Anda perlu menjalani pola makan yang diatur dengan baik, serta beristirahat yang cukup. Intinya, untuk membentuk perut sixpack Anda perlu melakukan 2 hal yaitu mengikis lemak tubuh serta menguatkan dan menambah massa otot perut Anda. Jika Anda masih memiliki lapisan lemak yang mungkin cukup tebal maka otot sixpack tidak akan terlihat. Anda bisa saja memiliki satu set otot perut yang kuat dan besar, tetapi jika otot tertutup oleh lapisan lemak, Anda tidak akan bisa melihatnya. Namun, meskipun Anda sudah punya kadar lemak tubuh yang rendah, tapi jika Anda masih belum memiliki massa otot yang cukup, perut sixpack pun belum bisa terwujud. Untuk mendapatkan perut sixpack artinya Anda harus memiliki massa otot yang cukup dan terdefinisi dengan baik, karena pada dasarnya sixpack adalah kumpulan otot perut yang terlihat jelas. Nah, ada 4 aspek penting dalam membentuk perut sixpack yang harus Anda perhatikan, antara lain:

1.  Atur diet dengan baik
Pola makan merupakan salah satu kunci utama untuk menentukan keberhasilan program Anda. Untuk mendapatkan otot perut ideal, makanlah 5-6 kali sehari dengan makanan tinggi protein dan kurangi asupan karbohidrat sederhana dan lemak. Kebiasaan ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga Anda kenyang lebih lama. Lakukan pembenahan pola makan secara bertahap dan teratur. Dalam program untuk mendapatkan perut sixpack, yang Anda butuhkan adalah pola makan yang tepat dengan nutrisi seimbang sesuai kebutuhan Anda.

2.   Latihan intensif
Kalori dan lemak tubuh akan terbakar seiring meningkatnya aktivitas tubuh. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas tubuh adalah dengan melakukan latihan beban dan latihan kardio. Lakukan latihan beban sebelum Anda melakukan latihan kardio, maka tubuh Anda akan membakar lemak lebih banyak. Selain itu, lakukan latihan secara merata untuk semua bagian tubuh, dalam menu latihan, yang terpenting adalah rutin dan merata untuk semua otot yang Anda miliki meskipun tujuannya adalah untuk membentuk perut sixpack. Usahakan kurang lebih dalam 1 sesi latihan, Anda memberikan 9-12 set inti untuk otot besar dan 6-8 set inti untuk otot kecil. Kemudian urutkan melatih otot besar dulu baru otot kecil. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam latihan adalah istirahat antar set cukup 1-2 menit. Ini penting sekali agar otot Anda tetap ngepump dan mengembang saat latihan. Dengan demikian total waktu yang dihabiskan dalam 1 sesi latihan beban cukup 45-60 menit. Sedangkan latihan untuk otot perut sendiri, yang bertujuan untuk membentuk otot perut dengan efektif, caranya adalah dengan menambah beban pada latihan abdominal Anda, sehingga otot perut Anda akan terstimulasi untuk tumbuh dan tebal. 

3.   Istirahat cukup
Istirahatlah yang cukup untuk mendapatkan perut sixpack Anda. Tubuh membutuhkan istirahat dari latihan untuk fase pembentukan dan pemulihan otot. Untuk itu, berikan jeda waktu antar sesi latihan yang cukup serta tidurlah yang cukup. Penelitian menyebutkan, jika Anda kurang tidur selama 3 hari berturut-turut dapat menyebabkan selsel otot Anda menjadi resisten terhadap hormon insulin. Hal ini menyebabkan penimbunan lemak di sekitar perut Anda dengan memperlambat metabolisme, meningkatkan nafsu makan dan menurunkan jumlah kalori yang terbakar.

4.   Suplementasi
Banyak orang yang mendambakan perut sixpack terjebak di sini. Mereka menganggap suplemen adalah penentu keberhasilan mereka dalam membentuk sixpack. Kenyataannya, suplemen merupakan penunjang agar program Anda tercapai dengan optimal. Jadi, jadikan suplemen sebagai pendukung program pembentukan perut sixpack Anda. Lalu bagaimana memilih suplemen yang tepat untuk Anda? Sebelum Anda menentukan suplemen apa yang Anda butuhkan untuk mendapatkan perut sixpack, maka sebaiknya Anda tentukan dulu tujuan Anda. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa untuk membentuk perut sixpack Anda harus melakukan 2 hal, yaitu membentuk otot perut yang kuat dan mengikis kadar lemak tubuh Anda. Untuk menambah massa otot dan membentuk otot perut, artinya Anda harus senantiasa mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup. Mengapa demikian? Karena protein merupakan nutrisi utama untuk perkembangan otot dan pemulihan otot Anda yang rusak akibat latihan berat yang Anda jalani. Untuk membantu Anda membentuk perut sixpack, Anda bisa mengkonsumsi suplemen protein dalam bentuk susu protein. Dalam memilih suplemen protein, maka Anda harus pilih suplemen dengan kandungan protein yang tinggi. Semakin tinggi kandungan proteinnya, semakin bagus.

Untuk cara latihan yang lebih detailnya akan saya jabarkan di tulisan saya berikutnya nanti.  ;)


Sedangkan bagi Anda yang masih memiliki kelebihan lemak tubuh, maka tentu saja langkah pertama Anda adalah mengurangi kadar lemak yang masih bertumpuk di dalam tubuh Anda. Oleh karena itu, suplemen yang Anda butuhkan adalah suplemen yang akan membantu mengikis lemak tubuh Anda dengan lebih optimal agar otot sixpack Anda bisa terdefinisi dengan tajam tanpa tertutup oleh lemak. Untuk itu, Anda membutuhkan suplemen pembakar lemak, yang berfungsi untuk membantu mengoptimalkan pembakaran lemak dalam tubuh Anda dan membantu meningkatkan energi dan stamina untuk Anda dalam berlatih. Tidak ada yang tidak mungkin jika Anda memiliki tekad dan usaha kuat untuk mewujudkan impian Anda, termasuk mendapatkan otot perut ideal. Dan yang terakhir, jadilah realistis! Anda tidak mungkin memperoleh perut sixpack dalam 1–2 hari saja secara instant. Jadi, lakukan semua tahapan dengan sabar dan pantang menyerah. 




Komentar