SUPLEMEN FITNESS MENYEBABKAN JERAWAT ??

Setelah konsumsi suplemen fitness produk baru timbul jerawat. Ada apa gerangan dibalik jerawat dengan suplemen atau pola makan sehari-hari? 

Trus jurus ampuh ngilangi jerawat tuh apa ya?




Ada dua faktor penyebab jerawat yaitu faktor dari luar dan dari dalam tubuh. Faktor dari luar sebenarnya jerawat itu muncul karena tersumbatnya pori pori kulit kita yang menyebabkan minyak terhambat keluar untuk membuat kulit kita tetap lembab dan melindunginya dari sinar ultraviolet. Faktor dari dalam, jerawat terjadi karena adanya tumpukan lemak. Sebenarnya lemak itu bisa menumpuk karena kelebihan kalori dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Tambahan suplemen hanya menjadi faktor pemicu dari apa yang sebenarnya selama ini sudah 'menunggu untuk meledak'.

Agar mengkonsumsi suplemen protein tidak muncul jerawat, lebih baik Anda membatasi konsumsi makanan berlemak tinggi (seperti gorengan atau cake) dan makanan/minuman bergula dan bertepung tinggi (biskuit, mie, roti, kue, softdrink, dan snack kering).


Suplemen adalah makanan tambahan. Kalau ada tambahan, berarti ada intinya. Makanan inti adalah makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Kalau asupan Anda sudah optimal dari makanan inti, makan Anda tidak perlu suplemen untuk mendapatkan hasil pertumbuhan otot yang cepat. Tetapi kalau Anda kesulitan memenuhi kebutuhan Anda dari makanan inti, maka suplemen bisa membantu mengisi agar menjadi terpenuhi. Bagaimanapun, makanan inti lebih penting daripada suplemen, sehingga tetap harus menjadi minimal 50-70% sumber gizi Anda setiap harinya. 


Ideal tidaknya tubuh seseorang tidak dilihat dari tinggi dan berat badan. Tetapi dilihat dari kadar lemak tubuh. Semakin rendah kadar lemak tubuh seseorang sampai memasuki zona normal atau rendah, semakin ideal tubuhnya


Secara umum jenis jerawat ada beberapa macam:
Jenis jerawat dengan Benjolan bisul : Benjolan bisul umumnya terjadi di daerah bokong, ketiak, selangkangan paha atau daerah daerah yang banyak mengeluarkan keringat. Bagaimana mencegahnya dan apa penyebabnya? Hal ini sebenarnya terjadi karena kita kurang bersih di daerah tersebut. Jadi usahakan sebersih mungkin didaerah yang banyak mengeluarakan keringat. Jika terlanjur terjadi segeralah kedokter karena selain rasa sakit jenis jerawat ini membuat kita tidak percaya diri. 

Jenis jerawat seperti Jerawat radang : Jerawat jenis ini menyerang kulit yang mempunyai ciri ciri ada komedo kepala hitam di daerah jerawat ini. jenis jerawat ini cenderung sangat sulit kempes dan memerlukan penanganan kusus, bahkan memerlukan operasi kecil. 
Jenis jerawat dengan Komedo : Sebenarnya komedo atau sebaceous muncul karena kurang bersinya kulit kita dan ini bisanya muncul dengan di tandai ada kepala hitam di daerah komedo tersebut. Atau lebih sering di sebut komedo berkepala hitam.

Penyebab jerawat yang utama selain secara fisikal bisa disebabkan oleh beberapa faktor: 
penyebab jerawat karena Faktor Genetik atau Faktor Keturunan : Jika keluarga anda entah itu bapak ibu atau nenek atau kakek anda merupakan penderita jerawat pada waktu masih muda (karena kemungkinan kalau udah usia lanjut mereka sudah tidak berjerawat lagi), maka sangat dimungkinkan jerawat yang anda peroleh sekarang ini merupakan hasil dari keturunan genetika bapak atau ibu anda. Secara genetik jerawat itu bisa diturunkan. Sejarah jerawat keluarga anda bisa menyumbang pada keberadaan jerawat anda. 

Penyebab jerawat karena Aktivitas Hormonal : Aktivitas hormonal disini dimaksudkan pada proses perubahan atau siklus hormonal yang terjadi pada seseorang. Semisal ketika menginjak pubertas atau kedewasaan, seseorang akan memproduksi hormon sex (lelaki) yang disebut androgens yang lumayan banyak sehingga menyebabkan glands (kelenjar minyak) menjadi tambah banyak dan sebum (kelenjar minyak) pun tambah banyak pula (salah satu penyebab munculnya jerawat secara tekhnikal). Pada masa siklus menstrasi perempuan bisanya juga akan terjadi perubahan hormonal yang bisa mengakibatkan timbulnya jerawat. Beberapa jenis hormon juga sering dikaitkan sebagai penyebab terjadinya Jerawat. Semisal androgens testosterone, dihydrotestosterone (DHT), insulit-like growth factor (IGF-I), dan juga dehydroepiandrosterone sulfate (DHEAS).

Penyebab jerawat karena Kelenjar Minyak yang Terlalu Aktif (Hyperactive sebaceous glands) : Kelenjar minyak yang terlalu berlebihan ini bisa saja dimungkinkan karena salah makan atau memang sudah menjadi genetik seorang penderita jerawat. Dengan banyaknya kelenjar minya makan munculnya kelenjar minyak akan lebih banyak sehingga kemungkinan tersumbatnya folikel dan pori pori kulit pun akan banyak. Jerawat yang muncul pun akan banyak. 

Penyebab jerawat karena Menumpuknya Sel Kulit Mati (Accumulation of dead skin cells): Kulit mati yang menumpuk atau terakumulasi akan menyebabkan tersumbatnya tersumbatnya folikel dan pori pori. Seperti yang telah saya jelaskan diatas hal tersebut bisa menyebabkan jerawat karena tidak ada jalan keluar bagi kelenjar minyak dan akan menyebabkan terbentuknya komedo. Kalau parah bisa menjadi jerawat yang teinfeksi bakteri jerawat. 

Penyebab jerawat karena Bakteri di Pori pori kulit : Bakteri yang berada di dalam pori pori kulit bisa menyebabkan munculnya jerawat. Propionibacterium acnes (P. acnes) merupakan bakteri yang menyebabkan jerawat. P. acnes merupakan bakteri unaerob yang menyebabkan jerawat. 

Penyebab jerawat karena Iritasi Kulit atau Garukan yang menyebabkan Peradangan


Penyebab jerawat karena Anabolic Steroid

Penyebab jerawat karena Pil Pengontrol Kelahiran atau Pil KB

Penyebab jerawat karena Lingkungan : yang mengandung kadar klorin (chlorine) yang tinggi terutama chlorinated dioxins, sedang yang bisa menyebabkan jerawat yang parah disebut Chloracne. 

Berikut ini merupakan tips untuk menjaga kesehatan kulit wajah pria agar terhindar dari jerawat:
1. Rajinlah mencuci muka 
Karena para pria biasanya cuek dan tidak mau ribet, jadilah para pria malas untuk mencuci wajahnya setelah bepergian, dan hal ini adalah celah besar untuk bakteri dan juga kuman – kuman untuk bersarang dan menyebabkan jerawat, dan juga permasalahan kuiit wajah lainnya. Karena itu jangan malas untuk mencuci muka, dan jangan lupa gunakan sabun yang cocok untuk jenis kulit wajah pria, karena rasa cuek para pria, janganlah sembarangan menggunakan sabun yang ada saja (kebiasan pria). Akan tetapi, pilih dan gunakanlah sabun yang memang tepat untuk kulit wajah anda. 

2. Makan yang sehat dan tidur cukup
Kebiasan buruk kebanyakan pria berlanjut dengan makan makanan apa saja yang penting simpel dan juga mengenyangkan, padahal, kenyang saja tidaklah cukup, akan tetapi harus kenyang secara vitamin dan juga nutrisinya, terutama bagi para pria yang pasti lebih aktif, sehingga membutuhkan kandungan vitamin dan nutrisi yang lebih banyak daripada para wanita. Para pria juga memiliki kebiasan buruk bergadang. Bergadang sangatlah tidak baik bagi kesehatan, tidak hanya kulit saja, tapi untuk seluruh tubuh. Bergadang menyebabkan kulit mengalami penuanan dini, kering, dan juga menjadi sangat tidak sehat, karena kulit terhambat proses perkembangannya. Jadi tidurlah teratur, dan makan makanan bergizi jangan hanya asal kenyang. 

3. Hindari kafein dan juga ROKOK
Kopi yang berlebihan dan rokok adalah teman setia pria, begitulah pandangan kebanyakan pria sekarang ini, padahal terlalu banyak konsumsi kafein pada kopi dan kebiasaan merokok adalah sumber dari berbagai penyakit, dan juga akar dari berbagai permasalahan kesehatan, termasuk juga pada kulit. Karena itu para pria hindarilah kedua hal ini, karena sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh dan juga kulit. 

4. Sekali-kali beri perhatian lebih pada kulit Janganlah malu untuk melakukan perawatan – perawatan kulit seperti memakai masker, memakai cream perawatan wajah, karena kulit pria juga membutuhkan hal serupa seperti yang dibutuhkan kulit wanita. Karena itu berikan perhatian lebih kepada kulit, jangan merasa malu untuk memberikan yang terbaik untuk kulitmu.


Dari penjelasan tersebut bahwa suplemen bukan penyebab utama dari timbulnya jerawat. Bisa dari makanan inti keseharian kita yang mempengaruhi hormon tubuh dan faktor dari luar penyumbatan pori-pori. Tetapi apabila kita mengkonsumsi suplemen fitness secara berlebihan tidak menyesuaikan porsi indeks massa tubuh kita, maka akan secara otomatis akan terjadi penimbunan kalori. Apalagi bila penggunanya mengalami suatu alergi terhadap protein yang berlebihan, maka akan terjadilah jerawat.
Saya sendiri pernah mengalami serangan jerawat yang tidak wajar. Karena saya terlalu bersemangat untuk bulking suatu saat saat mengkonsumsi suplemen bermacam-macam, yang dosisnya saya lebihkan dari indeks massa tubuh saya. tetapi alhasil timbul jerawat di telinga bawah. Jerawat yang bercampur dengan peradangan getah bening. Telinga bawah tampak bengkak besar teraba sakit, setelah besar saya pencet paksa kluarlah caritan getah bening, lemak jerawat dan darah. ternyata hal tersebut pernah dialami juga oleh teman fitness saya. Dari peristiwa tersebut saya menjadi alergi terhadap suplemen tertentu. Sesekali mengkonsumsinya langsung timbul jerawat di dada, wajah, punggung, bahkan bibir. Solusi bagi saya, saat ini saya tidak mengkonsumsi suplemen apapun untuk menstabilkan metabolisme tubuh saya terlebih dahulu. Dan seperti saya tulis diatas, lebih bijaklah dalam mengkonsumsi suplemen dengan pertimbangan program apa yang dijalani dan kapasitas indeks tubuh kita, Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.


Komentar

  1. terimakasih bos saran dan masukanya sangat membantu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mas .. terima kasih
      terus semangat

      Hapus
  2. mas mau nanya, sy konsumsi amino 2000 udh seminggu, memang kalau angkat beban power sy keliatan bertambah trus kyk gak cape gtu. tapi bawaannya saya jadi haus trus dan badan terasa panas jd kalau malam agak susah tidur. saya sdh fitnes selama krg lbh 6 bln dan saya konsumsi amino 3 pagi, sbelum latihan 3 dan mlm 3 sy tdk menggunakan suplemen yg lain. TB 168 BB 65 umur 35 thn, mohon penjelasannya mas apakah sy terusin minum ato sy hentikan. trims

    BalasHapus
  3. mas umur saya 15++ , berat 70kg , tinggi 172++. bolehkah saya mengkonsumsi bcaa?

    BalasHapus

Posting Komentar