MOTIVASI DIRI DALAM FITNESS

Fitness diawal pertaman kali latihan SEMANGAT tapi dalam hitungan hari sudah MALES. Ada apa gerangan? 



Saya fitness seminggu 4-6 kali. Saya senang sekali berbagi pengalaman dengan teman-teman yang dapat menambah ilmu dan pengetahuan kami. Sering saya jumpai teman-teman baru yang biasanya fitness bareng tiba-tiba absen mendadak. Setelah saya bertanya kepada mereka ternyata tidak sedikit mengalami masalah yang sama yaitu MOTIVASI diri dalam fitness. Mengapa dulu pertama kali begitu semangatnya tapi setelah beberapa hari semangat itu hilang begitu saja, ternyata jawabannya hampir sama semua "hilangnya motivasi".

Motivasi bersumber pada fokus tujuan 「bentuk tubuh ideal」 「bakar lemak tubuh」 「perut six pack」 「peningkatan massa otot」 「menaikkan berat badan」 「bentuk badan atletis」 「bodybuilding」 dan lain sebagainya.

Dulu pertama kali fitness, tujuan saya adalah merubah berat badan saya yang underweight. Saya begitu kelihatan kurus, kemudian saya mendapatkan saran dari sahabat saya bahwa bila ingin menambah berat badan dan agar makan terasa nikmat lakukanlah fitness. Selang beberapa hari saya mendaftarkan diri menjadi member di salah satu fitness center terkemuka di Kota Solo waktu itu. Ketika saya masuk latihan pertama kali, saya minder dan tidak percaya diri sama sekali. Sempat terpikirkan untuk pulang, dan menyerah untuk melakukan fitness. Karena saya lihat di tempat fitness tersebut hampir semua membernya berbadan bagus dan berotot. Sedangkan saya kurus dan tidak tahu bagaimana cara menggunakan alat-alat fitness. Akhirnya saya bertekat bulat untuk tetap fokus pada tujuan saya tersebut dan yakin bahwa saya bisa. Saya berkenalan dengan senior-senior yang dengan ramahnya membimbing saya. Akhirnya sampai saat ini fitness menjadi hobi saya yang tidak pernah saya tinggalkan.

Saya telah 3,5 tahun ini fitness. Memang saya akui perjalanan saya dalam fitness tidaklah semulus jalan tol. Ada saat dimana saya berhalangan karena sakit, banyak pekerjaan dan lemburan atau bepergian ke luar kota. Tetapi ada suatu ketika saya pada puncaknya didera rasa malas. Tapi pada akhirnya saya kembali bangkit lagi dan semangat itu bertahan hingga 3,5 tahun ini dengan segala jatuh bangunnya. Dibawah ini ada point-point yang membuat saya bertahan :

1. Milikilah fikiran yang positif
Apapun yang Anda pikirkan maka hal tersebut akan datang kepada Anda. Dengan selalu berfikiran positif akan memberikan kesuksesan pada Anda karena pikiran positif dapat menjaga semangat dan keceriaan. Peningkatan percaya diri hendaknya diikuti dengan peningkatan perilaku positif. Rasa percaya diri akan tumbuh sejalan dengan peningkatan kondisi fisik kita. Bentuk tubuh yang lebih baik, kemampuan melakukan latihan dengan lebih baik akan meningkatkan rasa percaya diri.
Teknik menjaga pikiran positif silakan baca pada tulisan saya di:

2. Kenali dan cintai tubuh Anda "be realistic"
Syukurilah dan cintailah tubuh Anda seperti apapun Tuhan menciptakan Anda. Berfikirlah nyata (realistic) bahwa ternyata Anda memiliki tubuh yang unik. Cintailah tubuh Anda apa adanya, belajar untuk mengenali setiap inci tubuh Anda. Teliti apakah ada kelebihan lemak dan di bagian mana saja. Apakah ada bagian yang Anda rasakan kurang kencang dan sebagainya. Atau sebaliknya, apakah Anda merasa kurus dan bagian mana yang perlu dilakukan penambahan massa otot. Bila Anda memiliki target terlalu berlebihan dan terlalu muluk-muluk dan tidak masuk di akal, Anda akan stres pada saat target tidak terpenuhi dan akhirnya Anda berhenti fitness. 

3. Cari tujuan yang jelas
Apa tujuan Anda fitness? Bila alasannya hanya hang out, nongkrong bersama teman-teman pasti fitness Anda tidak akan berlangsung lama. Atau Anda mencari cara menguruskan badan dalam waktu singkat? Maaf, tiada yang instan dalam fitness. Kesabaran sangat penting dalam mengajarkan kita untuk menjalani segala sesuatu secara benar, bertahap, dan nyamanCarilah tujuan fitness yang cukup kuat. Misalnya Anda ingin menjadi sehat demi pasangan anda dan anak-anak Anda, karena Anda ingin mendampingi mereka dalam keadaan sehat. Atau Anda ingin selalu perpenampilan seksi, bugar dan kencang. Carilah teman atau orang lain yang badannya lebih bagus dari Anda (berdasarkan kriteria tujuan semula), jadikanlah orang tersebut sebagai inspirator atau motivator Anda untuk latihan lebih giat. Dengan demikian pada saat motivasi Anda mulai memudar, ingatlah kembali dengan tujuan yang telah Anda buat semula, sehingga Anda akan memperoleh kembali kekuatan untuk menumbuhkan kembali motivasi Anda.

4. Fokus
Adalah suatu hal yang penting untuk memiliki tingkat konsentrasi dan perhatian yang tinggi terhadap latihan yang sedang kita jalani. Apakah latihan tersebut adalah yang terbaik, terefisien, terproduktif untuk meraih tujuan yang sudah ditetapkan? Upaya untuk fokus adalah suatu tahap yang penting yang wajib dimiliki oleh seluruh fitnesmania & atlit binaraga apabila ingin mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan. Fokus memungkinkan kita untuk Berhati-hati dalam bertindak.
Saya pernah melihat teman saya latihan sambil membawa handphone. Setiap selesai melakukan latihan satu set, langsung tangannya sibuk dengan handphonenya. Parahnya lagi saking sibuknya sms-an pembagian istirahat antara set latihan tidak seimbang dan istirahat terlalu lama. Hal ini sangat mempengaruhi metabolisme otot yang tidak stabil. 

5. Disiplin
Merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan dalam mencapai tujuan semula. Dalam olahraga fitness disiplin bukan didapat dari pelatih namun dari dalam diri sendiri. Seorang fitness mania harus mengatur latihan, istirahat dan diet dalam usaha mencapai peningkatan kondisi fisik dan prestasinya. Hal ini sulit dicapai jika seseorang tidak memiliki disiplin diri yang tinggi. Sulit bagi kita untuk mencapai fisik yang baik jika kita tidak dapat menjaga diri dari berbagai godaan untuk melanggar berbagai program latihan, diet dan istirahat yang sudah kita rencanakan sebelumnya karena kita tidak mampu mendisiplinkan diri. Belajarlah lebih profesional dan menghargai waktu. Baik dalam hal menepati jadwal makan, waktu istirahat, latihan yang telah ditentukan sendiri hingga akurasi waktu dalam mencapai tujuan awal yang telah Anda tentukan.


6. Ingat rasa sakit ketika Anda berhenti latihan
Motivasi biasanya memudar setelah Anda beristirahat tidak melakukan fitness dalam waktu agak lama (terlalu lama vacum tidak fitness). Saat Anda fitness selalu saja ada alasan untuk menghindar. Hal ini juga terjadi pada saya ketika saya sibuk lembur banyak kerjaan. Sekitar 1 bulan saya tidak aktif fitness. Istirahat yang terlalu lama seperti ini bila akan melakukan fitness lagi seperti seorang pria yang baru saja gabung menjadi member fitness center. Anda ingat pertama kali melakukan latihan beban? Fitness pertama kali akan membuat sekujur tubuh rasanya seperti di gebukin massa, badan terasa sakit semua. Ingatlah rasa sakit itu bila Anda ingin menghindar dari rutinitas latihan beban. Semakin lama Anda menunda fitness, semakin sakit otot Anda ketika memulai lagi.

7. Hilangkan rasa bosan
Rutinitas latihan beban yang monoton besar kemungkinan Anda merasa bosan dengan fitness. Cari variasi latihan baru yang belum pernah Anda lakukan. Belajarlah dari orang lain yang ada di gym. Dari sini pula Anda bahkan bisa menjalin persahabatan dengan mereka. Untuk Anda yang suka fitness di rumah saja, bisa dengan mencari ilmu atau gerakan baru di internet. Salah satunya, Anda bisa ke blog saya ini ;)
Kadang terlintas dibenak kita, sudah capek capek angkat beban, meluangkan waktu untuk ke tempat fitness, sudah membayar keanggotaan fitness, tetapi tubuh kok tidak ada perubahan? kok tetap begini begini saja ga kebentuk bentuk. Dari pikiran pikiran tersebut yang mungkin membuat Anda malas untuk fitness lagi. Bila Anda benar-benar mengalami tingkat bosan yang memuncak, solusinya luangkan waktu Anda untuk refresing. Jalan keluar sambil menghirup udara segar untuk sekedar melepaskan kepenatan, Anda juga dapat melihat-lihat siapa tahu bertemu dengan seseorang yang menjadikan inspirasi Anda untuk lebih bersemangat dalam latihan pembentukan tubuh. Selalu diingat bahwa "tiada cara instan di dunia fitness"

8. Fitness membuat tubuh kita menjadi segar
Setelah bekerja seharian dari jam 7am sampai jam 5pm, saya sering merasa terlalu lelah. Tetapi sering pula saya memaksakan diri saya sendiri untuk tetap latihan beban dimalam harinya. Ternyata setelah saya melakukan fitness, rasa lelah tersebut tiba-tiba hilang. Semangat muncul kembali dengan mengingat tujuan awal kita untuk melakukan fitness. Saya menjalani latihan seperti biasa dengan jadual yang telah saya tentukan sendiri. Setelah itu saya justru merasa tubuh saya semakin segar dan fit daripada sebelum fitness. Stress dan rasa penat setelah seharian bekerja hilang, digantikan dengan semangat fitness yang menggebu. Tetapi jenis dan pola latihan harus di sesuaikan porsi tubuh Anda, karena latihan  yang terlalu berat (over-fitness) akan menyebabkan tubuh Anda mengalami stress dan cidera otot.

Itulah poin-poin pengalaman saya untuk tetap menjaga semangat saya untuk melakukan latihan beban di fitness center sampai saat ini. Kita melakukan fitness jangan karena terpaksa, tetapi harus dilandasi rasa suka terlebih dahulu dengan olah raga fitness tersebut.


Bila Anda merasa malas untuk melakukan fitness .. ingatlah tulisan blog saya ini dan baca berulang kali. TETAP JAGA SeMANGAT !! Saya yakin .. Anda BISA !!


Ada kata-kata bijak mengatakan:
“Kesuksesan adalah HAK saya .. Kesuksesan bukan milik orang-orang tertentu. Kesuksesan adalah MILIK saya, Anda dan siapa saja yang menyadari, menginginkan, dan memperjuangkannya dengan sepenuh hati!”

“Saya makan untuk hidup. Bukan hidup untuk makan!” 

Komentar

  1. terima kasih bro, great tips! (but not easy to do it..hehehe)

    BalasHapus
  2. Sip..tetep semangat yo mas
    saya yakin Kamu BISA!!

    BalasHapus
  3. Trima kasih gan,,,,,skrang sya jd bangkit lg,,,,,kalo ada info sputar fitnes tolong di share lg ya gan??

    BalasHapus
  4. siap.. terimakasih bang iwan.
    masih ada beberapa tulisan di blog saya ini, silakan dibaca semua bang. siapa tau ada informasi yang berguna.
    KEEP MOVING ON ..

    BalasHapus
  5. tulisan mas sangat memotivasi saya.
    saya mau minta tips nih dari mas,,
    badan saya kurang lebih seperti pada foto mas sebelum fitnes, sya ingin tipsnya donk agar bisa seperti mas sigit. tolong tipsnya dikirim melalui email saya, qadaruddin28@yahoo.com, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam.
      beberapa tips sudah saya tulis di blog saya ini
      silakan baca semua mas .. kalo kirim via email sama saja kopi paste dari blog ini .. dari pada kerja dua kali lebih baik link aja mas.
      terus semangat!

      Hapus
  6. Thank mas sarannya....,

    mas, itu mas mulai dari awal mpe terbentuk tubuh 8 bulan lamanya ??..
    Yang saya denger klo fitness tuh 3 bulan saja sudah bisa bentuk badan tuh mas trmasuk abs..,

    itu bner gk sih ?>?


    trim

    BalasHapus
    Balasan
    1. diatas tertulis telah 3.5th
      3 bulan dapat dilihat hasilnya asal dengan syarat program latihan ketat dan diet ketat. terbukti oleh group band asal jepang EXILE demi meluncurkan album thn 2013 mereka dilatih keras selama 3 bulan dan hasilnya luar biasa. semua tergantung niat dan usaha.

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. mantep mas.... artikel nya bagus bgt buat pemula sperti sya... thanks :)

    BalasHapus

Posting Komentar