Panduan nustrisi bagi sang olahragawan (terutama hobi fitnes)


Asupan nutrisi yang cukup sangat penting bagi kita yang hobi olah raga (pembentukan tubuh ideal) dan pekerja keras karena untuk memperbaiki sel sel tubuh yang rusak. 


Banyak sekali teman teman saya lebih fokus pada memaksimalkan usaha latihan mereka untuk mendapatkan hasil paling cepat (super instant), tetapi latihan yang efektif tidak hanya membutuhkan latihan keras namun juga harus dilengkapi dengan nutrisi lengkap yang seimbang. semakin intensif latihan anda semakin banyak pula nutrisi yang diperlukan tubuh anda. Oleh karena itu pilihlah dan konsumsilah nutrisi yang tepat sebelum dan setelah berlatih, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kebutuhan Nutrisi dalam Training
Semakin berat latihan anda semakin tinggi pula kebutuhan protein yang harus anda penuhi. Seberapa banyak konsumsi protein yang harus anda konsumsi tergantung dari berat badan, intensitas latihan, dan jenis kelamin anda. Para peneliti menganjurkan untuk mengkonsumsi 10-20 gr protein berkualitas tinggi 1-2 jam sebelum dan sesudah latihan untuk mencegah katabolisme otot atau penyusutan otot. 
Anda juga tetap membutuhkan asupan karbohidrat dalam jumlah yang cukup. Sumber dari karbohidrat misalnya : nasi merah, gandum, oatmeal, kentang, ubi jalar, ketela pohon dan sebagainya. Dengan persentase 75% karbohidrat dan 25% protein. Nutrisi ini hendaknya anda konsumsi 1,5-2 jam sebelum memulai latihan. 
Kombinasi karbohidrat dengan protein dan serat yang cukup menjaga ketersediaan energi selama latihan dan mencegah anda dari kelelahan. 

Nutrisi Pemulih setelah Training
Biasanya setelah 30 menit berlatih tubuh akan mulai melakukan proses pemulihan diri dengan cara mengisi kembali energi yang hilang selama latihan. Dalam proses ini tubuh sangat membutuhkan bantuan nutrisi yang cukup, baik untuk proses sintesis protein otot, perbaikan jaringan, menggantikan cairan yang hilang dan proses lain yang menunjang pemulihan tubuh setelah latihan. 
Kadar air tubuh akan berkurang setelah anda latihan. Apalagi setelah anda melakukan latihan kardio dalam intensitas tinggi. Air putih merupakan minuman terbaik untuk mencegah anda dari dehidrasi. Sebaiknya hindari dari minuman isotonik botolan yang beredar di pasaran, selain mengandung bahan pengawet juga mengandung gula dan kalori yang tinggi. Jika anda ingin alternatif lain, air kelapa juga bisa menjadi teman yang baik saat tubuh anda kekurangan cairan. Air kelapa mengandung natrium, kalium, kalsium dan magnesium. Air kelapa rendah akan lemak dan kalori sehingga mencegah dari kelebihan berat badan, menyembuhkan gangguan pencernaan, menyembuhkan infeksi urin, mengontrol suhu tubuh, membersihkan racun dari tubuh, membersihkan kulit yang berjerawat serta meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.


Mengkonsumsi protein dan karbohidrat dalam jumlah yang cukup sesudah latihan, berguna untuk memperbaiki jaringan otot, mengisi kembali cadangan glikogen otot, dan mencegah nyeri otot. Beberapa makanan yang dapat anda konsumsi setelah anda latiha beban antara lain whey protein shake, buah-buahan seperti pisang, aplikat, mangga, anggur dan sebagainya, pastikan anda minum air dalam jumlah yang cukup untuk mengganti cairan yang hilang dan mencegah dehidrasi. Pemenuhan nutrisi yang tepat saat latihan merupakan faktor yang sangat penting. Terutama untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang tepat menuju proses pemulihan dan perkembangan yang lebih optimal.

Untuk contoh pengaturan pola makan bisa Anda baca pada tulisan saya di 
http://hidupsehatalasigit.blogspot.com/2012/09/panduan-menu-diet-pembentukan-tubuh.html

Sumber nutrisi alami yang menjadi suplemen alami disekitar kita bisa Anda baca di
http://hidupsehatalasigit.blogspot.com/2012/09/suplemen-alami-di-sekitar-kita.html








Komentar